Wednesday, May 6, 2015

Cara Ternak Kenari Yorkshire

Cara ternak kenari Yorkshire


cara ternak kenari yang banyak diminati oleh banyak peternak kenari pemula selain cara ternakkenari lokal. Dalam beternak kenari yorkshare, anda akan mendapatkan hal yang sama seperti beternak kenari lainnya.

Artikel ini akan membahas secara rinci namun tetap singkat mengenai cara beternak kenari yorkshire. Mulai dari usia kenari hingga tips beternak akan segera disediakan.

Usia kenari yorkshire ketika beternak


Cara ternak kenari Yorkshire yang pertama adalah menentukan usia kenari. Usia yang baik untuk sebuah kenari adalah usia yang tak terlalu muda dan tak terlalu tua. Khusus untuk kenari Yorkshire, anda dapat memulai melakukan ternak ketika usia minimal 1 tahun.

Jenis kelamin kenari Yorkshire


Jenis kelamin kenari Yorkshire cukup sulit untuk ditentukan jenis kelaminnya. Namun, secara keseluruhan panduan berikut bisa membantu anda.

1. Kenari jantan ketika mencapai usia 1.5 tahun sudah bisa memulai bernyanyi.
2. Ukuran tubuh kenari jantan cenderung memanjang, leher agak panjang, namun jika para betina, badannya kelihatan agak bulat.
3. Anus jantan berbentuk menonjol tegak lurus atau vertical. Jika betina sebaliknya, berbentuk horizontal.
4. Jantan dewasa berbunyi nyaring dan ngeroll.

Kandang


Cara ternak kenari Yorkshire yang tak kalah penting adalah pengandangan.Dalam menghindari serangan berbaga serangga seperti semut, anda perlu mengelilingi kandang dengan kapur bagus (kapur ajaib). Jika anda menginginkan kandang dengan kaki, maka silakan oleskan atau tempatkan wadah beroli di keempat kaki kandang. Selain serangga, sebenarnya predator utama bagi kenari adalah tikus. Jadi, kandang kenari perlu mendapatkan proteksi yang benar-benar kuat.

Proses penjodohan kenari yorkshire


Proses penjodohan dalam cara ternak kenari Yorkshire adalah proses yang teramat penting karena bisa mendatangkan anakan kenari baru. Proses penjodohan dilakukan dengan menempatkan kenari pada satu kandang. Dengan begitu anda bisa melihat, apakah si kenari siap atau tidak. kalau si kenari jantan masih takut maka anda perlu meningkatkan birahinya. Caranya, bisa dengan menjemur dan terus menerus menggandengkan kandang antara si kenari jantang dengan si kenari betina.

Proses penjodohan dan penyatuan kenari yang paling baik, dilakukan ketika sore hari. Karena menurut salah seorang ahli cara ternak kenari yorkshire, pada pagi hari mereka sudah berjodoh dan siap menghasilkan kenari Yorkshire baru. (PBF)

http://blogger-kawunganten.blogspot.co.id/2006/02/cara-ternak-kenari-yorkshire.html