Thursday, May 22, 2014

Cara Merawat Burung Parkit


Cara MerawatBurung Parkit
1. Penentuan jodoh burung parkit pas serta cocok.
Apabila tujuan yaitu mutu maka perjodohan butuh seleksi spesial dari peternak. Lantaran untuk memperoleh pasangan burung parkit yang cocok, gampang-gampang sulit. Umumnya mereka pilih-pilih pasangan. Nah bila kita yang memilihkan benar-benar dituntut kesabaran. Terkadang yang kita pasangkan tidak ingin akur.

Apabila tujuan yaitu jumlah maka biarlah parkit menentukan pasangan sendiri di kandang perjodohan masal.

2. Usia parkit ideal untuk budidaya.
Usia parkit telah masak kelamin seputar 90 hari. Jadi tentukan usia parkit umur produktif lantaran benar-benar memastikan kesuksesan budidaya burung parkit ini.

3. Seleksi type kelamin parkit.
Sekilas burung parkit dari postur pada jantan serta betina nyaris sama. Namun untuk dapat memedakan dengan terang bila parkit telah dewasa yakni warna kebiruan pada benjolan hidung parkit jantan, tengah betina condong berwarna semu putih.

4. Ukuran kandang cocokkan dengan populasi pasangan

Bila di kerjakan dengan cara penangkaran masal. Keunggulan system ini yaitu cost kandang tambah lebih murah serta praktis. Sedang kelemahannya yaitu jika satu diantara burung sakit maka bakal gampang menular pada parkit lain. Hingga berlangsung kematian masal.

5. Penentuan type pakan yang pas.
Upayakan beli pakan betul-betul 'berisi'. Ada saat stock dagangan yang terlampau lama hingga banyak isi bijian itu kosong/kopong. Jadi tentukan biji-bijian yang berat supaya dapat berikan nutrisi cukup untuk burung parkit. Extra fooding berbentuk kecamba, jagung muda atau sayuran dapat juga diberikan.

Cara MerawatBurung Parkit
6. Grid/Asinan atau batuan meniral
Untuk menolong pencernaan burung ini dapat butuh di beri. Asinan dapat diperoleh dari tumbukan batu bata merah, genteng maupun kulit sotong.

7. Kesehatan burung parkit

Jaga kesehatan burung lantaran benar-benar punya pengaruh pada perkembangbiakan.

8. Jaga kebersihan terkadang/sangkar
9. Pencahayaan serta aliran hawa.
Parkit benar-benar memerlukan sinar matahari, kurang pas di tempat lembab. Jauhkan dari tempat memasak atau janganlah terkena asap. Bila terlampau lembab parkit condong gampang mencret. Aliran hawa bermanfaat untuk buang virus jika ada parkit terkena penyakit supaya parkit lain tak tertular.