Friday, August 22, 2014

Tips Perawatan Burung Kacer Yang Mabung

Mabung atau bulu rontok merupakan siklus alami pada semua burung tak terkecuali dengan burung kacer,dalam kondisi seperti ini burung harus di beri perawatan yang khusus agar proses mabung berjalan lancar dan bisa dikatakan cepat biar burung cepat gacor kembali.

Kacer Mabung bisa kita lihat tanda tandanya dimulai dengan bulu bulu kecil berjatuhan 1-2 dan keadaan burung tidak bergairah seperti biasanya bisa kita simpulkan bahwa Kacer akan segera mabung.


Nah untuk kita yang masih belum tahu Perawatan Kacer Yang Mabung dan bingung gimana merawatnya,disini burungbudidaya coba berikan tips perawatan yang baik pada kacer mabung (bulu rontok)
berikut beberapa tips merawat kacer mabung:

1. Kacer yang mabung sebaiknya di karantina atau ditempatkan di tempat khusus yang sepi jauh dari gangguan atau kicauan burung burung yang keras kicauannya.

2. Selalu di kerodong (full kerodong) kecuali kalau mau beri pakan dan minum bisa kita buka sebentar lalu kemudian kerodong lagi.

3. Usahakan berikan kroto sebanyak banyaknya pada kacer yang mabung maksimal 1 sendok makan setiap hari sampai bulu lama rontok semua.

4. Berikan pakan voer yang berkualitas kalau bisa ganti dengan voer khusus ayam karena sangat bagus untuk mempercepat rontok.

5. Jangan dimandikan dan dijemur

6. Untuk sementara jangan membersihkan kotoran pada sangkar karena akan mengganggu proses mabung.minimal seminggu sekali.

Proses Mabung Pada Kacer biasanya sekitar 1-2 bulan dan kalau perawatan nya baik mungkin akan lebih cepat, sekian tips dari dari burungbudidaya semoga bermanfaat.