Friday, September 12, 2014

Tips Membedakan Anis Kembang Jantan Dan Betina

Burung Anis Kembang bagi para penghobi burung memang termasuk burung yang sangat di inginkan untukmemilikinya walau tak sepopuler dulu anis kembang tetap mempunyai nilai jual yang lumayan di bandingkan dengan burung kicauan yang lainnya,namun untuk memiliki burung anis kembang yang gacor atau ngeroll lumayan susah, karena pada umumnya yang gocor dan ngeroll itu hanya Anis Kembang Jantan bukan Anis Kembang Betina.

Nah untuk memilih anis kembang jantan dan betina memang agak susah apalagi untuk penghobi burung baru karena kesamaan fisik anis kembang jantan dan betina secara sepintas sangat sulit di bedakan tapi banyak tips yang umum dari para penggemar burung kicauan diantaranya dilihat dari bentuk kelopak matanya dan warna kontras pada bulu anis kembang tersebut.

Anis Kembang Jantan Dan Betina

Untuk lebih jelasnya disini om akan coba kasih Cara Membedakan Anis Kembang Jantan Dan Betina yang mungkin dapat menambah pengetahuan anda tentang burung ocehan dan dapat bermanfaat khususnya bagi penghobi Anis kembang pemula, berikut tips membedakan anis kembang jantan dan betina:

Ciri Ciri Anis Kembang Jantan

Pada bagian mata anis kembang jantan terlihat menonjol

Warna bulu anis kembang jantan akanterlihat lebih mengkilap atau kontras

Di bagian dubur anis kembang jantan terlihat ada bulu hitam atau abu abu yang menyerupai awan Jika ngeriwik anis kembang jantan akan membuka paruhnya (untuk yang masih trotolan/bakalan)

Dilihat dari cara bertengger anis kembang jantan cenderung merapatkan kakinya tidak renggang

Untuk anis kembang jantan yang sudah dewasa (birahi) kalau didekatkan dengan anis kembang betina akan berkicau sambil menanduk-nanduk seperti gaya ular cobra.

Ciri Ciri Anis Kembang Betina

Memiliki mata yang datar (tidak menonjol/melotot).

Memiliki warna bulu yang tidak begitu kontras atau tegas layaknya Anis Kembang jantan.

Pada bagian dubur, terdapat bulu yang berwarna putih (ada yang putih bersih ada juga putih keruh).

Saat masih bakalan/trotolan, saat ngeriwik hanya menggelembungkan lehernya meskipun suaranya keras.

Jika bertengger kakinya renggang tidak rapat dan dan tubuh dan kepalany sedikit menunduk.

Anis Kembang betina yang sudah dewasa akan membuka dan menutup sayapnya /menggetarkan sayapnya jika didekatkan dengan Anis Kembang jantan yang berkicau. Itu menandakan dia merespon kicauan Anis Kembang jantan.

Itulah sedikit tips dan cara membedakan Anis kembang jantan dan betina yang dapat om berikan untuk anda dan semoga saja dapat menjadi  bahan acuan untuk anda.