Wednesday, July 2, 2014

CARA MERAWAT BURUNG TLEDEKAN GUNUNG YANG BARU BELI DARI PASAR BURUNG (PENGALAMAN PRIBADI)

damai9 - Setiba di rumah setelah membeli burung Tledekan Gunung, tampak pada gambar yang Alhamdulillah sampai sekarang masih sehat dan sudah nge-voer dan sudah mulai rajin nyuling ….. hehehe.

Pada awalnya sejak dari membeli sebenarnya ada perasaan khawatir karena selama tiga hari burung belum mau makan sama sekali, sekalipun dari beberapa jenis makanan sudah dipisah ditempat masing-masing, seperti kroto, ulat hongkong, jangkrik kecil beberapa ekor, voer malau campur kroto, air mineral dalam cepuk kecil untuk minum dan air dalam cepuk agak besar untuk mandi, dan selama tiga hari tersebut hanya 2-3 ekor ulat saja yang termakan, dan ternyata hanya air mandi yang selalu habis karena sepertinya selalu buat mandi setiap siang dan malam hari (karena kebetulan tidak sempat mantau karena harus “nguli”).



Dan alhamdulilah pada hari keempat burung sudah mulai makan jangkrik yang kita siapkan 4 ekor sempat dimakan 2 ekor, kroto juga sempat dimakan sebagian dan demikian juga ulat hongkong 1-2 ekor.

Pada hari kelima, sengaja saya siapkan kroto dengan topsong mini yang saya campur dengan 3 tetes air yang saya aduk rata agar bisa sedikit tidak terlalu kasar dan kroto pun bisa menempel pada voer, dan Alhamdulillah sepulang daru nguli sempat saya pantau, ternyata kroto yang sedikit tercampur dengan voer juga sudah mulai dimakan.

Di hari keenam sama dengan yang saya lakukan pada hari kelima, namun air hanya saya kasih 2 tetes pada campuran kroto dan topsong mini dengan porsi voer dan campuran kroto yang sama.

Dan hari berikutnya sama seperti hari sebelumnya, hingga akhirnya sudah mulai terlihat dari kotorannya bahwa burung sudah sudah mulai ngevoer (maaf mau upload gambar kotoran tapi ga enak). Dan ketika sudah terlihat jelas sudah ngevor maka untuk meringkas tempat makan, akhirnya voer, kroto sengaja setiap hari saya berikan karena dalam proses pertumbuhan, ulat hongkong 2 kali sehari cukup 2-3 ekor  saya jadikan 1 cepuk, dan selalu saya berikan jangkrik ukuran kecil 4 ekor.

ARTIKEL LAIN TENTANG TLEDEKAN:


Demikian sekedar share pengalaman sendiri.
Semoga bermanfaat

Salam burungbudidaya