Tuesday, October 9, 2012

Mengenal TIngkat Ancaman Terjadianya Tsunami

Metrotvnews.com, Jakarta: Tsunami adalah bencana alam yang dapat kita ketahui namun tidak dapat kita prediksi dampaknya. Indonesia pernah mengalami bencana terburuk bencana tsunami di Aceh tahun 2004.

Informasi akan bencana tsunami sangat diperlukan oleh masyarakat. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika dalam lamannya di bmkg.co.id maupun di akun twitternya selalu menginformasikan bencana alam terkini maupun prakiraan cuaca di wilayah Indonesia. Peringatan potensi tsunami salah satunya.



Ada beberapa macam tingkat ancaman tsunami yang perlu anda ketahui. Di antaranya adalah status WASPADA (Advisory) yang menginformasikan bahwa ketinggian gelombang tsunami di laut kurang dari 0,5 meter. Saat status tersebut keluar Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota yang berada pada status 'Waspada', diharap segera mengarahkan masyarakat untuk menjauhi pantai dan tepian sungai.

Selain itu ada status SIAGA (Warning). Gelombang tsunami pada tingkatan tersebut berada di ketinggian 0,5-3 meter. Pemerintah setempat tang berada pada status Siaga diharapkan segera mengarahkan masyarakat untuk melakukan evakuasi.

Sedangkan level paling tinggi adalah AWAS (Major warning). Gelombang tsunami pada tingkatan tersebut berada di ketinggian lebih dari 3 meter. Pemerintah setempat diharapkan segera mengarahkan masyarakat untuk melakukan evakuasi secara menyeluruh.

Bercermin ke bencana tsunami Aceh yang merenggut ratusan ribu jiwa dan terakhir bencana tsunami Mentawai di tahun 2010 yang merenggut ratusan jiwa, kita bisa mencegah jatuhnya korban jiwa dengan memperoleh informasi tentang ancaman tsunami dari BMKG maupun laman lainnya. Salah satunya ptwc.weather.gov maupun usgs.gov.(DNI)

http://www.metrotvnews.com/read/news/2012/10/09/109293/Mengenal-Tingkat-Ancaman-Tsunami