Sunday, March 9, 2014

KRONOLOGI KISAH KUTILANG DAN NASIB BURUNG KUTILANG


burungbudidaya - Memang sih, burung kutilang bukan merupakan burung unggulan baik untuk sekedar pelihaaraan apalagi untuk lomba atau kontes burung kicauan, sepertinya untuk saat ini belum dikategorikan apalagi dengan harganya yang sangat relatif sangat terjangkau, namun tidak ada salahnya jika kita juga memelihara burung tersebut untuk tambahan koleksi di rumah kita.

Ada sebuah kicah yang unik dan menarik yang ingin saya sharekan di sini tentang murai batu isian kutilang.

Ada pengalaman dari seoarang kicaumania yang bercerita, ada tetangganya punya burung kutilang sudah rajin berkicau (gacor) sedangkan tetangganya yang lain yang punya murai batu yang kebetulan rumahnya berdekatan dengan pemilik kutilang hingga lama-kelamaan murai batu bisa menirukan suara kutilang dan akhirnya ada isian suara kutilang. Pada suatu ketika murai batu diikutkan lomba, namun karena ada suara kutilangnya nilainya menjadi berkurang menurut penilaian Si Juri dan akhirnya murai batunya dilelang dan harganya yang semula lumayan mahal manjadi murah karena ada isian kutilang.

Dan ada cerita lainya dengan  kisah yang hamper sama dengan kisah diatas, langkah yang ditempuh oleh pemilik murai batu yaitu, membeli kutilang dari pemiliknya dan kemudian dilepasnya atau diberikan kepada orang lain agar tidak terdengar lagi suara kutilang yang akan bisa merusak kicauan murai batu miliknya.

Sebenarnya apa yang salah dengan suara kutilang dalam murai batu tersebut ? apakah karena kutilang murah ? ataukah mungkin itu hanya karena sekedar penilaian juri saja ? ataukah ada hal lain…

Begitulah sedikit kronologi cerita tentang kutilang dan nasib kutilang, apakah kita juga akan ikut-ikutan untuk mendiskriminasikannya ? jawabannya hanya anda yang tahu.

Salam burungbudidaya