Monday, March 24, 2014

Tips Memelihara Murai Muda


Pelihara burung sejenis murai batu memanglah jadi daya tarik serta tantangan serta juga kebanggaan sendiri untuk beberapa pengagum burung kicauan terutama bila burung murai itu datang dari daerah sumatera atau aceh walau tak sedikit juga pengagum burung yang pelihara burung murai batu asal kalimantan atau daerah yang lain. lalu bagaimana perawatan burung murai batu yang baru kita peroleh dari hasil ombyokan atau tetap muda rimba. di sini bakal kita ulas tentang persoalan dan panduan menentukan burung murai batu muda rimba yang sebagian besar tetap rawan stress serta rawan mati.

Bila kita kebetulan lihat di pasar pasar burung banyak di tawarkan burung burung muda rimba dengan harga yang murah meriah. tentulah kita bakal segera tertarik membelinya dengan cuma berpikiran ' ahh mudah, paling hanya ngelatih makan voer doang ',, namun sebenarnya sesudah sekian hari burung murai batu bakalan kita tampak terkapar di basic kandangnya.

Menjaga burung murai batu bakalan perlu ketelatenan kita supaya burung dapat terasa aman serta nyaman ditempat barunya.

Pada saat menentukan burung bakalan coba mencari burung yang tampak tetap sehat, aktif bergerak serta matanya tajam melihat tiap-tiap gerakan tangan kita. Untuk hindari beli burung hasil pancingan baiknya dicoba dengan berikan seekor jangkrik pada burung itu serta cermati apakah jangkrik itu bakal segera ditelan dengan tiada terasa sakit atau hanya digigit di paruhnya. bila jangkrik segera ditelan dengan tak ada reaksi seperti kesakitan dari si burung maka besar kemungkinan burung itu tidaklah hasil pancingan.

Rawatan sepanjang ada dirumah kita

Pertama kali burung murai bakalan datang ke rumah kita, maka hal pertama yang segera kita kerjakan yaitu memindahkannya ke sangkar yang agak luas agar burung terasa nyaman, serta lalu mulai memberikannya kerodong agar burung terasa aman. dengan berikan makanan terlebih dulu berbentuk full keroto serta serangga yang lain yang disimpan dalam cepuk terpisah sepanjang satu atau dua hari serta baiknya janganlah dahulu di beri voer maupun dimandikan baik dengan mandi karamba maupun di semprot. buat burung terasa tenang dulu sekian hari.


Sesudah burung mulai jadi tenang serta terasa nyaman dikirarnya yang baru barulah diberikan kursus makan voer lewat cara mencampurkan voer dengan kroto fresh sepanjang sekian hari.

Untuk meminimalisir tingkat stress pada murai batu bakalan yang populer rawan stress meskipun sesungguhnya burung ini yaitu terhitung burung yang gampang menyesuaikan dengan lingkungan sekitarnya walau demikian terdapat banyak aspek yang dapat bikin burung murai batu bakalan ini alami stress tingkat tinggi. Dengan cara fisiologis perubahan-perubahan disebabkan stress pd burung berlangsung pd kelenjar adrenal (hypertropi, kandungan kolesterol alami penurunan, sintesis kortikosteroid meningkat, kandungan asam askorbat alami penurunan) ; darah (kolesterolemia, NPN meningkat, Ca++ meningkat, rasio Na++ serta K+ beralih, kortikosteroid meningkat, glukosa meningkat, heteropilia, limfopenia) & jaringan limfoid (involusi bursa fabricius, involusi thymus, level antibodi alami penurunan) (Siegel, 1971 ; Freeman, 1967 ; Ringer, 1976). Disebabkan tak langsungnya pd stress berat bakal mengakibatkan tingkah laku yg tdk normal, berkurangnya nafsu makan, rawan penyakit & kematian.

Stress pada murai batu bakalan sendiri banyak di pengaruhi oleh aspek aspek yang dengan cara segera maupun tak segera memengaruhi keadaan burung salah satunya yaitu :

Kelelahan lantaran perjalanan yg panjang, Kegaduhan oleh nada suara yang mengagetkan, Aliran hawa yg tidak baik, Perubahan pakan, Keadaan air minum, perlakuan kasar, ada orang yg tidak di kenal dan suhu yang tinggi.

Sebagian aspek sebagai pemicu stress pada burung mb muda hutan yaitu :

Kelelahan
Kelelahan disebabkan perjalanan yang jauh bisa mengakibatkan stress pada burung murai muda rimba, dan penempatan burung ini dalam sangkar kecil pada saat membawanya dari pasar burung terutama bila memakai kantong semen/besek dapat bikin burung ini cepat drop.

Bising/Gaduh serta nada - nada ribut lainnyaSuara yang gaduh serta bising seperti nada petasan, musik yang disetel keras-keras serta nada suara bising yang lain bakal mengakibatkan stress pada burung MB muda rimba.

Aliran udaraSirkulasi hawa yg tidak baik di sekitar tempat kita mengantangkan kandang dapat menyebabkan hawa dalam kandang berbau amoniak serta itu dapat menyebabkan fatal untuk MB.

Perubahan pakanSecara umum burung bakal alami stress sekian waktu saat perubahan pakan yang dikerjakan dengan cara mencolok. Diluar itu jumlah serta mutu pakan juga benar-benar memastikan terjadinya stress pd Murai batu

Keadaan air minuman
Keadaan air minum yg kotor atau terkontaminasi bahan lain yg beresiko dpt menyebabkan terjadinya stress pd Murai batu

Perlakuan kasar
Perlakuan yg kasar dapat mengakibatkan Murai batu anda stress. Perlakuan kasar disebut seperti menangkap Murai batu memukul/menendang sangkar, jalan dgn tergesa-gesa waktu membawa sangkar, sangkar yg jatuh, berniat tak berikan pakan & minum, dipaksa mandi dg sprayer, dan lain-lain.

Suhu yang tinggi
Suhu lingkungan yg terlampau tinggi dpt menyebabkan stress panas pd Murai batu (heat stress). Pd waktu alami stress panas tingkat pernafasan meningkat, burung alami hyperthermia yg bakal mengakibatkan masalah panting (terengah-engah). Stress panas dpt mengakibatkan pergantian konsumsi pakan & minum. Pd keadaan suhu lingkungan yg tinggi burung condong konsumsi air yg banyak namun sedikit makan.

Langkah Perawatan
Langkah perawatan sekalian pencegahan stress pada burung murai batu bakalan muda rimba yaitu lewat cara hindari aksi tindakan yang seperti dalam kondisi serta keadaan di atas tadi.

Gantung sangkar murai batu bakalan ditempat yang tenang (disendirikan dulu), tak kerap orang yang melalui, jauh dari nada suara bising atau yang dapat mengagetkan si burung, memiliki aliran hawa yang baik dengan suhu yg tidak terlampau panas (di atas 26 derajat C seperti di bawah atap seng).

Pada awal tiba dirumah dapat pakai krodong dahulu sepanjang kurang lebih 1minggu. Berikanlah multivitamin pada air minumnya apabila di rasa butuh berikanlah juga antibiotik untuk langkah untuk antisipasi, lantaran kita sendiri tidak paham keadaan kesehatan murai batu kita yang sesungguhnya pada saat kita beli. Ubah air minum & bersihkan tempatnya dari endapan vitamin tiap-tiap hari.

Janganlah terburu2 utk memperkenalkan burung murai batu bakalan muda rimba dengan lingkungan yg ramai. Akhirnya burung bukannya jadi jinak namun jadi jadikan kekuatan adaptasinya jadi lambat serta yang lebih kronis tingkat stressnya dapat jadi makin tinggi.

Tak perlu terburu buru segera mengajari burung murai batu bakalan ingin makan voer, berikanlah saja dulu makanan alaminya seperti jangkrik, kroto, belalang, Ulat hongkong, Ulat bambu serta juga yang lainnnya.

Bila dibutuhkan jemurlah burung murai batu muda rimba bakalan sebentar saja saat pagi hari.
Janganlah tergesa gesa memandikan/berikan obat kutu bila di ketahui bahwasanya burung murai batu hutannya terindikasi terkena kutu.

Pada dasarnya perawatan yang sesungguhnya yaitu sabar menanti sampai tingkat stress yang tinggi pada burung muda rimba bakalannya hilang, hal semacam ini dapat tampak dari burung yang bakal lebih lincah, aktif, lebih tenang serta tampak sorot matanya yang bersih serta umumnya kerap disertaai dengan nada yang keluar baik itu ngeriwik maupun ngeplong.

Mandi untuk burung murai batu bakalan

Untuk mandi untuk burung murai batu bakalan muda rimba baiknya janganlah terlampau dipaksakan. bila memanglah si burung lebih suka mandi dicepuk minumnya maka berikanlah wadah spesial mandi yang dimasukan kedalam kandangnya. atau dapat pula diajari dengan mandi didalam karamba mandinya sesudah terlebih dulu dipancing keluar kandang dengan memakai jangkrik. bila memanglah burung tidak ingin mandi biarlah saja tak perlu disemprot dengan sprayer sampai basah kuyup cukup disemprot halus saja cuma untuk memancing si burung agfar ingin mandi di dalam bak mandinya.

Penentuan sangkaruntuk burung MB muda rimba baiknya diambil sangkar yg tidak terlampau besar, hal semacam ini untuk melatihnya keluar masuk karamba untuk mandi.

Penjinakan
Simpan sangkar di lantai tiap-tiap kita berikan pakan/EF. Bila burung mulai tenang awalilah kenalkan dg keramaian dengan cara bertahap. Gantang dari jauh dahulu sembari tiap-tiap sekian hari didekatkan. Untuk jinak keseluruhan sesungguhnya kecil sekali kemungkinannya, namun sekurang-kurangnya burung muray batu bakalan dapat cepat menyesuaikan serta mentoleransi keramaian.

Penjemuran
Penjemuran pada burung muray baru muda rimba dapat dikerjakan sepanjang lebih kurang 30 menit, serta jangan sempat siburung alami heat stress atau mangap-mangap.

Kandang umbaran
Utama selalu untuk melindungi keadaan burung muray batu supaya senantiasa sehat, lincah serta aktif yakni dengan memasukannya kedalam kandang umbaran sekurang-kurangnya 1 minggu sekali sepanjang 1/2 hari atau lebih. serta mesti di perhatikan juga di dalam kandang umbaran baiknya tangkringan cuma diberikan dua buah saja dengan jarak yang berjauhan hal semacam ini untuk menguatkan otot otot sayap supaya burung semakin banyak bergerak serta tampak lebih lincah serta sehat.

Semoga dengan perawatan yang teratur serta perlakuan yang halu pada burung muray batu yang tetap muda rimba ini bakal berikan timbal balik untuk kita yakni si burung bakal mulai berani ngeriwik serta dapat dilanjut ke pemasteran hingga siburung jadi ngeplong. sekian cara perawatan burung muray batu muda rimba ini tetapi alangkah lebih sebaiknya bila kita pelihara burung muray batu muda bakalan ini dari hasil penangkaran, tak hanya telah teruji mentalnya juga lebih cepat ngeplong/bunyinya.