Saturday, March 22, 2014

Penanganan burung Murai batu yang ngebatman,manja atau ngelowo

Burung Murai batu semakin hari semakin banyak penggemarnya,Namun Sangat di sayangkan apabila burung yang kita rawat mempunyai kebiasaan yang buruk dan tidak dapat tampil dengan performa yang bagus.

Salah satu kebiasaan burung yang cukup membuat pemiliknya jengkel,yaitu burung Murai batu yang manja dengan  membuka dua sayapnya dengan mengeluarkan suara kecil atau bahkan tidak berkicau sama sekali dan turun ke bawah sangkar.Hal ini akan mengurangi nilai pada saat lomba.

Sobat Burung kicau pasti ingin burung yang mereka andalkan menjadi juara di lapangan,setidak-tidaknya dapat bermain maksimal dan bisa memuaskan pemiliknya.Namun jika hal seperti ngelowo atau ngebatman terjadi,maka sang pemilik akan merasa kecewa dan bahkan akan merasa malu jika burung jagoannya melakukan kebiasaan buruk itu.

Adapun beberapa masalah yang membuat burung MB (Murai Batu) ngebatman atau ngelowo di sebabkan adanya faktor:
  1. Bisa di karenakan burung MB terlampau manja.
  2. Burung yang mabungnya tidak sempurna.
  3. Belum tuntas mabung atau masih dorong ekor.
  4. Mental belum kuat atau kurang baik.
  5. terlalu OB (Over Birahi).


Penanganannya MB yang ngelowo ataupun ngebatman:
  1. Sebaiknya burung di asingkan atau di full kerodong.
  2. Sering-sering di umbar di tempat yang luas.
  3. Jangan pernah memberikan Ef atau pakan dengan cara meloloh atau lewat tangan secara langsung.
  4. Jangan memaksakan MB yang kondisinya belum siap untuk di trek.Misalnya masih muda,belum tuntas mabung,masih dorong ekor,tidak fit atau sakit dan sebagainya.
  5. Untuk burung yang OB (Over Birahi) bisa kurangi Ef nya dan di setting ulang pemberian Ef nya.Mandi di buat sering,kalo perlu bisa di therapy mandi malam.