Monday, November 4, 2013

Burung Anis Merah


Burung Anis Merah



Burung Anis Merah | burungbudidaya -Nada apa yang paling asyik didengar serta di nikmati tiap-tiap pagi ? Hampir seluruh orang setuju, bahwasanya mendengar kicauan burung terhitung hal yang paling asyik didengar serta di nikmati. Juga, di waktu berlibur juga mendengar kicauan burung yaitu hal yang paling mengasyikkan. Tetapi pertanyaannya, apakah seluruh kicauan burung asyik didengar? Sudah pasti, jawabannya tak. Cuma burung Anis Merah yang tergolong burung kicauan yang paling asyik didengar. Juga, kicauan burung murai batu juga kalah.

Tetapi sudahkah Anda ketahui seperti apa wujud burung anis merah? Bila belum, coba untuk searching di google. Tidak cuma kicauannya saja yang merdu, namun wujud burung juga menarik. Terlebih, bila Anda hingga lihat burung anis merah jantan tengah berkicau. Kepalanya meliuk-liuk seperti orang yang tengah mabuk.

Ciri-Ciri Burung Anis Merah
Burung anis merah terdiri dua. Yakni, ada anis merah jantan serta ada anis merah betina. Perbedaannya tak terlampau penting, cuma terdapat pada badan serta kicauan saja. Burung anis merah jantan posturnya semakin besar dari burung anis merah yang betina. Sedang kicauan, burung anis merah jantan nada ocehannya lebih variatif dibanding burung anis merah betina.

Adapun tanda-tanda utama burung anis merah yaitu :

1. Tubuhnnya ramping
2. Bulunya berwarna merah dari kepala sampai punggungnya.
3. Ke-2 sayap sisi atasnya berwarna hitam
4. Ujung sayapnya ada seberkas bulu berwarna putih.

Burung Anis Merah
Habibat Burung Anis Merah
Burung anis merah yaitu burung yang mempunyai habitat aslinya di Asia Tenggara. Karenanya, tidak bakal sempat temukan burung anis merah di negara yang bukan hanya terhitung lokasi Asia Tenggara. Anis merah tergolong type burung yang makanan intinya yaitu serangga. Hingga ia tergolong kerabat dari Turdidae. Sama sesuai burung murai batu serta burung anis kembang.

Rutinitas burung anis merah yaitu senantiasa mencari makanan di tanah yang ada banyak pohon-pohon. Tujuannya, burung anis merah mencari makanan lewat cara mengorek-ngorek dedaunan yang jatuh dari pohon-pohon. Lantaran di daun umumnya ada serangga, sarang semut serta kadang-kadang ada cacing. Maka dari itu, nama lain burung anis merah dimaksud dengan burung tanah.

Apabila di cari di Indonesia, burung anis merah ada di hutan-hutan Sumatera, Jawa Barat, Bali serta Flores. Carilah di rimba basah, lantaran umumnya cacing, serangga, laba-laba serta sejenisnya senantiasa ada di rimba basah. Maka disana juga ada burung anis merah. Singkatnya, carilah rimba basah yang mempunyai ketinggian lebih kurang 1. 000 mtr. dari permukaan laut.

Satu hal lagi yang terkait dengan habibat anis merah, ia sering bersarang di semak-semak belukar. Apabila ia kawin, senantiasa bikin sarangnya sendiri dengan memakai ranting-ranting pohon serta jerami.

Cara Menjaga Burung Anis Merah
Bila Anda telah temukan burung anis merah, maka Anda harus pandai merawatnya. Disebutkan sulit mengurusnya, tak juga. Ya, bisa disebutkan mengurus burung anis merah gampang-gampang sulit. Ada tiga hal yang paling mutlak Anda cermati waktu mengurus burung anis merah :

Sangkar
Lantaran burung anis merah tergolong burung yang mempunyai postur tengah, maka buat sangkarnya dengan ukuran tengah. kurang lebih luas kandangnya 45 x 46 cm dengan tinggi kurang lebih 50 cm. Diberikan area seperti itu supaya tak gampang stress. Bila terlampau kecil, bakal membuatnya gampang stress.

Didalam sangkarnya, tempatkan dua mangkok plastik untuk pakan serta air minumnya. Pasanglah kayu kecil dengan melintang untuk area bertengger burung anis merah. Bakal tambah baik bila di dalamnya juga ditempatkan area spesial untuk mandinya.
Pakan

Bila di rimba, burung anis merah senantiasa mengonsumsi makanan dengan type serangga. Tak hanya berikan pakan dalam wujud pur, beri juga type makanan dalam wujud serangga, terhitung cacing. Berilah dengan teratur jangkrik, belalang serta cacing tanah. Makanan inilah yang dapat bikin nada kicauannya jadi semakin merdu. Ada juga yang merekomendasikan untuk berikan proto dengan selang seling pakan buatan pabrik.
Perawatan sangkar

Bersihkanlah sangkar burung anis merah dua hari sekali. Yang paling mutlak dibikin bersih yaitu kotoran serta sisa makanannya. Lantaran ke-2 hal semacam ini yang paling kerap bikin burung anis merah gampang diserang penyakit.

Diluar itu, pakai disinfektan saat Anda membersihkan sangkarnya. Dengan disinfektan, kita bisa mengusir jamur-jamur yang bisa mengganggu pencernaan burung anis merah.

Tak hanya ketiga hal diatas yang harus dikerjakan, janganlah sempat lupa selalu untuk menjemur burung anis merah supaya terus senantiasa sehat. Lantaran cahaya matahari benar-benar berguna untuk kesehatan tulangnya. Umumnya orang menjemurnya diantara jam 7 – 9 pagi. Tak perlu terlampau lama. 1/2 jam juga telah memenuhi, apabila Anda terlampau repot.

Kemudian, letakkanlah sangkar di daerah yang sepi. Lalu hidupkan rekaman nada burung anis merah yang diunduh dari internet atau dibeli di beberapa toko burung. Spesial untuk burung yang barusan bisa dari rimba, upayakan ia jauh dari nada burung yang se-kerabat dengannya, seperti murai batu. Maka ia bakal gampang stress.