Thursday, March 20, 2014

Melatih burung mandi di dalam keramba

Mandi merupakan kebutuhan penting untuk burung,selain untuk menyegarkan tubuh dan memperindah bulu-bulu pada burung, mandi juga dapat menurunkan birahi burung yang terlalu tinggi,menjadikan burung lebih tenang,relax dan tidak gampang stres.

Di alam liar,burung biasa mandi di sungai-sungai kecil,mata air,danau dan lain-lain.mereka dengan riang bermain-main dan membasahi bulu-bulunya dengan air.Ada yang mencebur ke dalam air,ada juga yang cuma menyambar air dan ada yang cuma memasukkan kepalanya ke dalam air.Seolah burung tampak segar dan senang sekali.


Bak mandi keramba di ciptakan untuk menggantikan air yang ada di alam liar,sehingga di buat leluasa agar burung bisa bermain air seperti di alam aslinya.Namun ada burung yang tidak mau mandi di dalam keramba,bahkan ada juga yang tidak mau masuk ke dalam keramba.Tentu ini sangat menjengkelkan bagi sobat Burung kicau.



Untuk itu saya akan berbagi tips agar burung mau mandi dalam keramba:
  1. Jika burung tidak mau masuk ke dalam keramba.Ini bisa di pancing menggunakan Ef seperti jangkrik,ulat atau apalah...
  2. Burung sudah mau masuk keramba,tetapi tidak mau menyebur ke dalam airnya.Ini bisa di pancing dengan memasukkan Ef ke dalam airnya.
  3. Bisa juga dengan menyemprot sedikit bagian tubuhnya,agar burung melanjutkan mandinya kedalam air yang ada di dalam keramba.
  4. Cara yang paling jitu adalah dengan memperlihatkan burung yang sudah jago mandi di keramba,dengan maksud agar burung dapat belajar mandi dari burung yang sudah pandai mandi dalam keramba.
Selamat mencoba...