Sunday, January 12, 2014

Faktor Keberhasilan Ternak Kenari

Belakangan ini makin banyak hobbys yang bertanya tentang beragam hambatan dalam beternak,walau sebenarnya bila mau search menelusuri seluruhnya tulisan yang saya bikin seluruhnya kiat-kiatnya telah saya ulas, barangkali lantaran terbatasnya waktu sehingga menyebabkan belum sempat untuk searching di artikel lain.Untuk menolong Anda saya bakal cobalah ulas tentang 3 aspek pemicu suksesnya beternak kenari.

Dalam dunia peternakan ada alur sistem dengan cara alamiah yang perlu diikuti tak dapat dipaksakan. Di mana tiap-tiap makhluk hidup bakal alami siklus bereproduksi sesudah dewasa, demikian juga dengan kenari.

Kenari bakal bereproduksi sesudah meraih umur spesifik (dewasa) kita tak dapat memaksakan untuk mempercepat bereproduksi. Menurut pengalaman saya dalam beternak kenari ada 3 aspek yang memastikan berhasil atau tidaknya beternak kenari yakni :
 
Umur Kenari
Umur yang ideal untuk kenari seputar 6 bln. keatas untuk kenari betina serta untuk kenari jantan seputar 8 bln., meskipun terkadang ada peternak yang mulai menjodohkan kenari pada umur 4 bulan. Mengapa saya mereferensikan umur siap ternak kenari pada umur 6 bln.?,lantaran pada umur 6 bln. alat reproduksi telah matang. Pada umur 4 bln. telah dapat diternak namun alat reproduksi serta kejiwaan-nya belum bekerja maksimal mengakibatkan indukan kenari dapat bereproduksi namun anak yang dihasilkan tak maksimal seperti anak mati dalam telor (tak menetas), meskipun telor netas anaknya tidak sering hidup hingga dewasa lantaran kejiwaan induknya tetap labil hingga belum dapat menjaga anaknya dengan baik,atau anaknya dapat cacat atau anaknya mati dibuang keluar sarang.Serta yang paling utama bila indukan diternak pada umur awal saat produksi indukan tak lama.

Kesehatan Kenari
Aspek kesehatan juga benar-benar memastikan dalam beternak, di mana bila kesehatan indukan maksimal maka bakal menambah libido indukan untuk bereproduksi.Untuk pelihara kesehatan kenari kebersihan kandang mesti diperhatikan.Pakan yang bergizi diselingi dengan pemberian vitamin untuk memenuhi gizi yg tidak ada di dalam pakan bijian serta janganlah lupa supaya teratur menjemur pada pagi hari. Cahaya matahari pagi benar-benar berguna buat kesehatan serta dapat menambah libido kenari….
Lokasi Kandang ternakMeskipun kenari adalah burung yang telah alami pengembangan melalui campur tangan manusia berpuluh-puluh th. yang lalu. Burung kenari dapat cepat berdaptasi dengan beragam lingkungan dimulai dari lingkungan kumuh hingga lingkungan elit. Dimulai dari suhu rendah hingga suhu tinggi namun membutuhkan keadaan spesifik yang mendekati lingkungan ideal untuk kenari yang bakal diternak.Terdapat banyak indukan yang peka pada keadaan kandang/sangkar ternak. Penempatan sangkar ternak diusahakan terlindung dari cuaca luar, hilir mudik binatang atau serangga.

Untuk Anda pemula janganlah takut coba ternak kenari bila tetap tidak berhasil ternak kenari cobalah selidiki dari 3 aspek itu aspek apapun yang tetap mesti ditingkatkan…. Sekian terus semangat untuk beternak kenari.