Wednesday, January 29, 2014

CARA MERAWAT BURUNG KOPI KOPI / CUCAK KOPI / CICA KOPI

Burung Kopi kopi / Cucak Kopi / Cica Kopi.  Burung ini termasuk dalam kategori burung yang tidak terlalu gesit dan sedikit pemalu, tidak seperti burung jenis lainnya seperti; kacer, murai batu, cucak hijau, jalak suren dan juga burung-burung yang lain.   

Kita dapat menjumpai burung ini di berbagai pasar burung dengan cirikhas warna burung hampir mirip anis merah dan juga poksai.

Perawatan burung kopi-kopi sebenarnya tidak berbeda jauh dengan burung-burung lainnya, dan berikut adalah beberapa cara perawatan burung kopi-kopi :


  1. Berikan makanan yang cukup berupa voer yang berkualitas (voer kemasan), jika belum ngevoer berilah kroto yang dicampur dengan voer lembut untuk membiasakan agar burung mau makan voer, dan berikan serangga seperti, jangkrik kecil-kecil 3-4 ekor pada pagi hari dan juga sore harinya, ulat hongkong, kroto dan juga serangga lainnya dan jangan lupa juga berikan vitamin yang dimasukkan ke dalam minumannya cukup 2-3 tetes, 2 kali seminggu untuk menambah fit burung dan mengurangi stress.
  2. Sperti buurung jenis lainnya burung dimandikan dan selanjutnya diangin-anginkan dan kemudian dijemur cukup 1-2 jam 
  3. Dan jangan lupa membersihkan kandang secara rotin

Demikian dan semoga bermanfaat.

Salam

"Perlu diperhatikan, faktor usia berpengaruh pada rajin atau belumnya burung berkicau, semakin dewasa usia burung, akan semakin rajin berkicau (gacor)"