Monday, June 9, 2014

Tips Merawat Kenari Merah


 Bila Anda mempunyai kenari merah (Red Intensif) serta mau pelihara warna merahnya, maka mutlak Anda berikanlah pakan yang kaya bakal beta-carotene. Minimum suplemen gabungan pada beta-carotene serta canthaxanthin. Tetapi pemberian makanan itu cuma efisien saat bulu tengah tumbuh, serta ini umumnya berlangsung saat burung tengah mabung/molting.

Banyak suplemen pewarna yang di jual dengan cara bebas namun benar-benar berisiko untuk kesehatan burung. Makanan alami dapat dipakai untuk mengatur warna kenari, umpamanya parutan wortel fresh serta brokoli cincang (atau buah-buahan/sayur yang kaya bakal beta-carotene yang lain).

Hasil dari pemberian makanan itu benar-benar bergantung pada seberapa banyak burung mengonsumsinya. Namun yang pasti, pemberian itu benar-benar punya pengaruh serta dapat dibedakan dengan cara riil dengan kenari yg tidak di beri sekalipun makanan seperti itu. Diluar pemberian makanan seperti itu, perawatan kenari merah nyaris sama juga dengan perawatan kenari lain biasanya.

Cara menimbulkan warna merah dengan cara alami

Beta-carotene adalah aspek terpenting untuk menyebabkan serta/atau melindungi warna merah pada kenari merah. Zat itu dapat ditemukan pada beri, bit, ubi jalar, labu, tomat, ceri serta parutan wortel. Pemberian pakan alami benar-benar disarankan lantaran ini semakin bagus.

Cara menimbulkan warna merah dengan cara kimiawi

Ada tiga bahan kimia yang dipakai dalam makanan pada penangkaran kenari merah, yaitu canthaxanthin, beta-carotene, serta jeruk carotenoids.


Menurut wikipedia, Canthaxanthin yaitu pigmen carotenoid yang banyak menyebar di alam. Carotenoids terhitung dalam kelas phytochemicals yang di kenal untuk terpenoids. Rumus kimia dari canthaxanthin yaitu C40H52O2. Didapat dengan memisahkannya dari sejenis jamur. Zat ini dapat juga ditemukan pada alga hijua, bakteri, bakteri, krustasea, serta beberapa type ikan seperti umpamanya ikan emas serta karper. Di Inggris, canthaxanthin diijinkan untuk penambahan pakan unggas, sebagian saus, terlebih untuk diekspor ke Perancis, serta type makanan yang lain, Di Uni Eropa batas paling tinggi kandungan zat ini yang diijinkan yaitu 80 mg/kg bahan makanan).

Canthaxanthin adalah unsur terkuat untuk menimbulkan warna. Sebagian peternak memakai canthaxanthin untuk pewarna kimia untuk makanan burung. Ini memanglah bukan hanya langkah paling baik memanglah. Warna bulu pada burung yang cuma di beri pakan memiliki kandungan canthaxanthin cuma tampak seperti merahnya batu bata (kusam).

Untuk membuahkan warna merah yang cerah, butuh pemberian makanan gabungan canthaxanthin serta beta-carotene dengan perbandingan 50 : 50. Lewat cara itu, bulu burung bakal jadi cerah. Kombinasi dua zat itu butuh selalu disiapkan dalam minuman burung sepanjang mabung.

Pencampurannya ke dalam air yaitu sejumlah satu sendok teh (kombinasi canthaxanthin serta beta-carotene) untuk tiap-tiap satu 1/2 galon air. Pakai air untuk minuman burung sesaat yang lain dapat disimpan dalam almari es.

Canthaxanthin serta beta-carotene dapat juga diberikan pada anak burung. Masukkan sesendok teh kombinasi canthaxanthin serta beta-carotene ke dalam satu kilogram air masak yang telah dingin.

Kombinasi canthaxanthin serta beta-carotene kerap di jual dengan sebagian zat penambahan seperti sukrosa, dektrosa, atau type pemanis yang lain dan vitamin C serta B. Namun zat penambahan itu sebenarnya tak punya pengaruh pada maksud pembentukan serta pemeliharaan warna pada kenari merah.