Friday, June 13, 2014

Cara Memasterkan Burung Kenari



Arti master/mastering/memaster sendiri datang dari kata " master " yang bermakna guru atau sosok contoh, Dalam hal burung berkicau aktivitas mastering adalah cara sekalian mengajarkan satu lagu burung pada burung yang lain, umpamanya saja seekor burung kenari yang di ajarkan lagu blackthroat. Maka dalam perubahannya beberapa penghobi burung lalu mengistilahkan seekor burung yang melantunkan nada burung lain (bukan hanya macamnya) untuk burung berlagu isian/master.

Beragam sumber mengungkap bahwasanya mastering adalah satu cara untuk mendidik satu burung supaya melantunkan lagu sesuai sama dengan hasrat empunya burung. Dalam ranah burung kenari maka lagu-lagu isian yang telah teregulasi diantaranya : waterslager serta spanish timbrado yaitu type kenari yang dapat melantunkan lagu dengan cara unik di mana variasi seperti nada air (water), bunyi bell, atau nada burung yang lain (bukan hanya kenari) jadi daya tarik sendiri.

Menentukan Nada Master


Menentukan suara-suara master untuk burung Kenari jangan sampai terlalu fokus cuma menentukan suara-suara master yang kedengarannya unik serta bagus.

Terdapat banyak hal yang perlu kita cermati :
  • Kesesuaian irama lagu serta frekuensi pada nada master dengan burung andalan kita. Ketidaksesuaian nada master dengan burung bakal mengakibatkan lagu yang fals serta tak enak didengar.
  • Ikuti Tren Lagu yang ada. Umpamanya benjolan serta tembakan yang tengah digemari pada waktu ini yaitu benjolan dengan speed rapat divariasikan dengan irama lagu yang ngeroll.
  • Variasi irama lagu yang elegan. Yang disebut irama lagu yang elegan di sini tidaklah nada benjolan yang keras, namun kita mesti dapat menentukan suara-suara master yang mempunyai variasi speed yang sesuai serta irama lagu yang mempunyai cengkk serta mengalun.

Benar-benar banyak cara serta beberapa cara yang bisa dikerjakan didalam sistem pemasteran burung berkicau. Serta juga sangat banyak berkembang mitos-mitos yang salah dalam prakteknya dilapangan.

Satu diantara mitos aneh yang berkembang, yakni burung yang bakal di master mesti lihat burung masternya, supaya burung yang di master bisa menirukan style bunyi serta langkah buka mulut burung master itu. Mitos yang lain yakni sistem pemasteran burung berkicau mesti menanti burung dalam situasi ubah bulu atau mabung.

Sesungguhnya pemasteran bisa kita kerjakan tak mesti menanti burung berkicau dalam situasi mabung atau bertukar bulu. Burung berkicau dalam situasi normal, juga dalam situasi top form juga dapat juga dikerjakan pemasteran.

Ada Mitos yang menyampaikan pemasteran burung mesti menanti saat burung mabung. Argumennya lantaran ; Pada waktu mabung, burung berkicau condong untuk banyak diam serta benar-benar tidak sering sekali berkicau. Burung yang banyak diam pada saat mabung itu, condong untuk semakin banyak memakai waktunya untuk memerhatikan serta memproses suara-suara yang ada di sekitarnya. Jika nada yang didengarnya sesuai sama dengan tipikal ciri-ciri suaranya, maka bakal direkam serta ditirukan.

Kunci kesuksesan dalam memaster burung Kenari yaitu memaster burung dengan suara-suara master (burung master) yang pas serta sesuai sama dengan ciri-ciri basic lagu burung yang bakal di master (burung maskot).

Satu lagi yang terutama, janganlah lupa selalu untuk memperdengarkan suara-suara master itu dengan cara berkala (Feedback) pada burung Kenari itu. Agar irama lagu yang telah ada tak hilang serta jadi rusak. 

 Tehnik Pemasteran Kenari

Di ambil dari beberapa sumber, sekurang-kurangnya sampai artikel ini ditulis ada banyak langkah untuk membuahkan nyanyian burung kenari yang unik atau bukan hanya nada kenari standart. Nyanyian nada kenari standard yaitu lagu yang dibawakan oleh burung kenari (non song canary) yang mempunyai corak variasi lagu serupa dengan nyanyian strain kenari biasanya atau mungkin dengan kata lain tak di ajarkan dengan cara spesial untuk menyanyikan lagu-lagu spesifik.

Beragam langkah dikerjakan supaya burung kenari kita bisa bernyanyi dengan baik, mempunyai variasi lagu yang banyak, memiliki volume keras dan sebagainya. Cara pemasteran yang umum di kenal oleh banyak kelompok yaitu :

Isolasi : yang berkembang di kelompok penghobi serta pelomba tanah air yaitu mendidik seekor burung kenari supaya dapat melantunkan nada burung lain dengan cara isolasi. Cara ini sesungguhnya sederhana di mana menghindari kenari yang bakal di didik itu dari nada kenari standard serta mempunyai lingkungan yang tenang, kenapa mesti sekian? Dengan cara rencana maka burung kenari bakal lebih gampang menirukan nada burung sejenisnya dari pada nada burung type lain, umpamanya : prenjak, ciblek, gelatik, blackthroat, jalak uren, edel sanger dan lain-lain. Spesifikasi dari cara isolasi ini yaitu burung yang bakal di didik betul-betul dalam keadaan " sendiri " atau tak lihat burung master/burung yang lain di mana cuma bakal mendengar nada burung masternya. Dengan lingkungan yang tenang maka diinginkan burung yang bakal dimaster lebih konsentrasi cuma pada satu contoh lagu saja. Umumnya beberapa pemaster bakal memakai 1-2 burung master sejenis/lain type untuk memaster burung kenari dalam jumlah yang relatif.

Komunal : dikatakan sebagai cara pemasteran dengan cara grup di mana jumlah burung master serta burung yang bakal dimaster kian lebih 1 ekor. Umpamanya saja 5 ekor burung kenari jantan muda dalam umur yang sama (seputar 25 hari) di ajarkan oleh 10 ekor burung blackthroat. Lewat cara ini burung kenari yang bakal dimaster bisa lihat burung masternya juga burung kenari yang lain yang keduanya sama tengah belajar bernyanyi. Cara ini sesungguhnya yaitu pencerminan dari pemasteran dengan cara alami (alam liar) di mana seekor atau lebih burung kenari muda yang tinggal dalam satu lingkungan lain bakal dengan cara alami menyerap serta belajar suara-suara di sekitarnya.

Digital : memakai media digital seperti tape, CD, MP3 dan lain-lain untuk mendidik sang burung kenari. Spesifikasi dari cara ini juga berbagai macam di mana satu nada digital dapat ditata untuk meliputi seluruhnya burung yang bakal dimaster di mana nada bakal terdengar terang walaupun tak mesti keras. Cara ini juga menuntut nada output digital yang bersih, jernih, berfrekuensi pas serta mendekati dialek nada burung aslinya.

Cepat lambatnya burung kenari menirukan nada masternya benar-benar di pengaruhi oleh banyak aspek, umpamanya saja kecerdasan, tingkat kerumitan lagu, intensitas nada master yang terdengar serta dari master itu sendiri. Makin rumit serta tidak sering lagu master terdengar maka bakal makin lama menirukan nada masternya, begitupun kecerdasan serta pembawaan/ciri-ciri burung master bakal memengaruhi hasil lagu yang bakal dibawakan oleh burung kenari yang di didik itu.

Catatan :
  1. Burung kenari yang bakal dimaster baiknya memiliki umur yang relatif muda (25 hari-70 hari) lantaran dalam fase inilah burung kenari muda bakal dengan cara intensif menyesuaikan serta belajar nada/lagu di sekitarnya.
  2. Dikerjakan pada waktu burung istirahat (siang hari sesudah mandi-jemur serta saat malam hari).
  3. Kandang burung atau sangkar burung baiknya dikerodong (mesti). Dalam situasi dikerodong burung-burung yang bakal di master jadi tenang hingga burung lebih berkonsentrasi dalam dengarkan materi suara-suara Master yang diperdengarkan.
  4. Volume materi nada master yang diperdengarkan baiknya janganlah terlampau besar, kecil saja namun terang terdengar serta cuma bisa memaster satu persatu materi nada master atau materi nada isian. Janganlah memperdengarkan kian lebih satu nada isian pada saat yang berbarengan, lantaran bakal bikin burung itu jadi bingung dalam merekam nada master. Baiknya sesudah isian yang satu sukses direkam atau ditiru oleh burung berkicau anda, barulah lalu dimaster dengan isian yang lain.
  5. Materi nada master bakal dapat direkam serta ditirukan oleh burung anda kurun waktu lebih kurang 3 minggu, juga dapat lebih cepat lagi bergantung pada kecerdasan masing-masing burung.

Tahap-tahap Pemasteran

Step I
Sistem Pencucian Otak (Brain Wash Therapy Sonar Sistem), Bila Anda tak mempunyai rekaman Brain Wash ini maka step ini bisa dilalui.

Dampak nada dari Brain Wash ini yaitu :
• Bikin burung-burung anda jadi tenang, gampang jinak, menyingkirkan stress serta bikin burung anda berjiwa heroik.
• Buka tanggapan komunikasi sensor otak pada burung, hingga burung berkicau punya anda bisa dengan benar-benar gampang terima nada isian yang bakal anda isi.

Sebelum saat memaster burung-burung Kenari punya anda, perdengarkan Brain Wash ini pada burung Kenari yang bakal di master sepanjang minimal 15 menit.

Step II
Anda bisa menentukan type materi nada yang bakal di untuk jadikan master atau isian untuk burung kenari Anda. Baiknya supaya burung bisa menyerap materi nada master dengan baik, volume nada janganlah terlampau keras. Serta untuk satu nada master bisa di perdengarkan sepanjang lebih kurang 3 minggu. Janganlah memperdengarkan kian lebih satu nada master pada saat yang berbarengan, ini bakal bikin burung jadi bingung dalam menyerap materi nada master.

Misal :
3 Minggu Pertama : Nada Burung Black Throat
3 Minggu Ke-2 : Nada Burung Jalak Uren
3 Minggu Ketiga : Nada Burung Ciblek Gunung
3 Minggu Ke empat : Nada Burung Kenari Isian
... selanjutnya...