Sunday, June 22, 2014

Jenis Biji - Bijian Pakan Burung Ocehan





Jenis Biji - Bijian Pakan Burung Ocehan | burungbudidaya - Biji-bijian di kenal untuk makanan yang memiliki nutris tinggi untuk burung ocehan telah lama di kenal oleh beberapa kicaumania terlebih untuk beragam type burung seperti burung love bird, kenari,  manyar, merpati, gelatik,finch, serta yang lain. Karena untuk beberapa type burung ocehan yang dijelaskan tadi jadikan biji-bijian untuk makanan wajibnya tak hanya ditambah dengan makanan extra fooding seperti belalang,jangkrik serta kroto.

Nah, biji-bijian untuk dimakan oleh burung ocehan tidaklah cuma satu type saja namun ada banyak type yang banyak di jual ditempat penjualan makanan burung ocehan. Serta tiap-tiap type biji-bijian itu ada perbedaan yang diawali dari harga nya, mutunya, memiliki bentuk, warna, serta terasa terhitung nutrisinya. Sedari itu artikel ini mengulas tentang beberapa jenis biji-bijian untuk burung ocehan.

Biji Milet


Biji milet yaitu type biji-bijian yang mempunyai bulir memiliki ukuran yang cukup kecil serta keberadaannya cukup banyak diluar negeri seperti Afrika serta Asia Selatan yang jadikan untuk makanan pokok. Di samping itu biji milet juga diberikan untuk burung ocehan seperti kenari serta love bird. Dengan kandungan gizi yang ada dalam biji milet yaitu Vitamin B, B6, serta Fosfat. Serta juga ada juga kandungan mineral yang ada dalam biji milet yakni Kalium, Magnesium, Seng, Besi, serta Kalsium. Wujud biji milet sendiri yaitu dibagian ujungnya runcing, mengkilap, serta memiliki bentuk kecil kebulatan. Di pasar burung ocehan umumnya biji millet di jual dengan jenis yaitu berwarna keputihan serta kecokelatan. Sedang untuk harga nya biasanya tak menentu bergantung pasokan yang ada di market.

Biji Kenari


Biji kenari cukup disukai oleh burung ocehan terlebih burung kenari karena biji kenari memiliki manfaat yang bisa membaguskan kicauannya hingga ada yang memberikannya pada waktu mendekati burung kenari ikuti perlombaan. Biji kenari banyak memiliki kandungan lemak serta protein hingga bukan sekedar bagus dimakan oleh manusia namun juga untuk burung ocehan. Biji kenari memanglah terbilang agak keras hingga bisa dihancurkan bila diberikan pada anakan burung ocehan yang mulai belajar makan. Serta juga untuk biji kenari yang terlihat berkwalitas bisa mencermati warnanya yaitu berwarna hitam keabu-abuan serta berisi yang padat.

Biji Jewawut

Pada orang-orang di Asia Timur serta Asia Tenggara dulunya jadikan biji Jewawut untuk makanan pokok mereka Di samping biji ini dapat benar-benar berguna untuk burung ocehan. Ukuran biji Jewawut seputar 3 mili mtr. untuk diameternya yang terlihat cukup kecil serta warnanya biasanya berwarna coklat, merah, ungu, hingga kehitaman. Biji Jewawut banyak memiliki kandungan protein, hidrat arang, serta zat kapur. Yang faedahnya bisa menambah berat tubuh yang terlihat kurus serta bagus diberikan waktu burung ocehan dalam saat produksi atau bertelur.

Biji Bunga Matahari


 
Kuaci atau nama yang lain yaitu biji bunga matahari yang telah kerap kita tengok serta rasakan kelezatannya. Nyatanya biji bunga matahari juga baik diberikan untuk makanan untuk burung ocehan yang mana faedahnya bisa mempercepat perkembangan bulu pada badan serta sayap burung ocehan serta juga memperkilapkan warna bulunya. Serta umumnya biji bunga matahari yang berwarna hitam yang didapatkan untuk burung ocehan karena cangkangnya tidak tebal serta gampang pecah jadi tak menyulitkan burung untuk memakannya. Biji bunga matahari banyak memiliki kandungan minyak yang dimaksud asam linoleat yang baik dikonsumsi oleh manusia serta juga burung. Di samping itu juga kandungan nutrisi lain dalam biji bunga matahari yaitu Vitamin B2 serta B6, Lemak, Karbohidrat, serta Protein. Namun dianjurkan janganlah sempat berikan burung ocehan biji bunga matahari yang telah jadi kuaci karena kandungan garamnya cukup tinggi yang bisa bikin serak nada.