Friday, June 6, 2014

Menjinakan Kenari dengan Hand Feeding

Hand feeding, suatu istiah yang umum dipakai dalam dunia penangkaran burung. Hand feeding berarti berikan makanan anakan burung (piyik) dengan pertolongan tangan manusia (bukan hanya indukan burung). Awal mulanya Hand feeding cuma dikerjakan untuk anakan burung yang didapat dari hasil penetasan dengan mesin penetas, atau dikerjakan pada burung yang ditelantarkan oleh induknya di sarang.

Nyatanya hand feeding bisa juga dipakai untuk tehnik untuk menjinakkan burung, dengan hand feeding bakal didapat burung yang jinak serta lebih gampang dalam pemeliharaan, serta bikin burung lebih dekat dengan sang yang memiliki.

Setiap penangkar mempunyai langkah serta ketentuan sendiri dalam lakukan hand feeding. Hand feeding bisa dikerjakan pada burung kenari yang berusia 3 minggu. Keadaan fisik anakan kenari pada usia itu umumnya cukup kuat lantaran sudah mempunyai konsumsi nutrisi serta imunisasi dari indukan serta telah keluar bulu-bulu jarumnya.

Ada banyak ketentuan baku yang perlu dikerjakan dalam hand feeding. Pertimbangan utama yang perlu di kerjakan sebelum saat mengambil keputusan untuk lakukan hand feeding yaitu tersedianya saat untuk lakukan hand feeding pada jam-jam spesifik dengan cara kontiyu.

Aspek lain yang juga butuh untuk diperhitungkan yaitu tingkat kesabaran yang cukup tinggi. Lakukan hand feeding bukan hanya pekerjaan yang mudah seperti yang tampak, tetapi dengan berjalannya saat beragam hambatan akan teraatsi dengan gampang.

Buat persiapan peralatan yang diperlukan untuk lakukan hand feeding. 
Alat-alat yang mutlak diperlukan yaitu :
  • Alat suntik tiada jarum
  • Karet angin
  • Sendok plastik
  • Mangkok kecil
  • Kertas tissue
  • Gelas plastik
  • Beberapa bahan untuk adonan bubur bayi kenari
  • Kotak inkubator
Alat suntik tiada jarum Alat ini dipakai untuk pengganti tembolok induk. Berperan untuk penyimpanan bahan makanan yang bakal disuapkan ke anakan-anakan kenari.

Karet angin bermanfaat untuk menyalurkan adonan dari tabung jarum ke tembolok anakan kenari. Dengan sifatnya yang kenyal serta lentur, karet angin tak beresiko walau masuk ke dalam kerongkongan anakan burung.

Sendok plastik Sendok diperlukan untuk mencampurkan serta mengaduk adonan yang bakal diberikan pada anakan-anakan kenari.

Mangkok kecil Mangkok bermanfaat untuk mencampurkan adonan. Pakai ukuran mangkok kecil, sesuai sama dengan jumlah adonan yang bakal di buat. Tambah baik bikin satu kali gunakan adonan, dari pada menaruh bekas adonan.

Kertas tissue diperlukan untuk alas tempat anakan-anakan burung yang bakal disuap serta sekalian pembersih adonan suapan yang tercecer pada tempat itu.

Gelas plastik Pakai gelas plastik atau sejenis wadah dengan ukuran tengah untuk mencuci alat-alat yang sudah usai dipakai. Bahan adonan Bahan adonan untuk anakan kenari banyak ada di beberapa toko bahan makanan burung maupun makanan bayi. Pastikan bahan adonan yang paling gampang Anda peroleh. Menu bubuk makanan untuk anakan burung atau bubur bayi adalah menu yang paling gampang didapat. Periksa tanggal kadaluwarsa pada bungkusnya.

Kotak inkubator Kotak inkubator berperan untuk tempat anakan burung sesudah mereka di ambil dari sarang. Kotak inkubator bisa di buat sendiri dengan bahan box plastik (seperti pada gambar di bawah), kotak ini dilengkapi dengan lampu memiliki ukuran 5 watt serta beberapa bahan sarang. Beberapa bahan sarang mesti dengan cara teratur ditukar dengan yang baru untuk melindungi kebersihan kotak inkubator. Suhu didalan inkubatot seputar 32 derajat Celcius.