Friday, June 13, 2014

Tips Membedakan Burung Cucak Ijo Jantan Dan Betina

Bagi penghobi burung kicauan (kicau mania) mungkin akan sangat mudah Membedakan Jantan Dan Betina Burung Cucak Ijo, apalagi cucak ijo dewasa mungkin orang awam didunia perburungan pun akan sangat mudah membedakannya.karena perbedaan cucak ijo dewasa sangat jelas pada bagian leher jantan terdapat warna hitam jelas sedangkan pada betina terlihat jelas berwarna kuning.


Namun untuk membedakan jantan dan betina cucak ijo bakalan mungkin akan sangat susah meskipun bagi para kicau mania yang berpengalaman,nah untuk itu burungbudidaya disini akan coba kasih Tips Cara Membedakan Cucak Ijo Bakalan (anakan):

  1. Bakalan jantan, bila berumur sekitar dibawah 4 bulan,
    maka alis yang melingkar di ke-2 matanya berwarna kuning.
  2. namun bila alis matanya berwarna putih besar kemungkinan  cucak ijo itu betina
  3. Warna paruh sisi bawah, bila jantan berwarna coklat tua.
    namun yang betina warna paruhnya berwarna putih.
  4. Bila burung cucak ijo telah berumur diatas 4-6 bln.,maka betina dapat berwarna kuning dibagian leher,lantas dapat beralih jadi warna putih kehijauan.
    namun cucak ijo jantan, warna kuningnya dapat dipenuhi trotol-trotol hitam. pada 2 bln selanjutnya, warna hitam itu dapat terlihat lebih jelas di bagian leher/bawah paruh.
    bersamaan dengan pertambahan usia, warna hitam di leher bawah,akan menutup hingga dibawah matanya.
Itulah Tips Membedakan Burung Cucak Ijo Jantan Dan Betina yang bisa om berikan semoga bisa jadi panduan untuk para kicau mania pemula.hehe