Monday, June 30, 2014

Perawatan Kaki dan Kuku Burung Kenari


Dengan cara alami, dengan makin pertambahan usia burung kenari maka sisik kaki burung bakal jadi tambah tidak tipis serta kukunya juga turut jadi tambah panjang. Kuku yang panjang tak hanya kurangi keindahan tampilan juga bikin burung kenari kerepotan lantaran daya cengkramnya menyusut, serta kuku yang panjang ini dapat juga menyebabkan cidera serta luka pada jari kaki burung jika kuku itu nyangkut di jeruji sangkar.

Perawatan sisik pada kaki burung

Untuk menghindar supaya sisik pada kaki burung kenari tak jadi tambah tidak tipis kerjakan hal seperti berikut :
  • Bila sisik kaki burung belum terlihat menebal cukup berikan minyak tawon dengan memakai kapas dengan cara teratur 3-5 hari sekali.
  • Bila sisik pada kaki burung telah terlanjur menebal berikan minyak tawon dengan memakai kapas serta biarlah sesaat, sesudah sebagian waktu maka sisi-sisik yang menebal itu bakal lunak, koreklah dengan perlahan-lahan dengan memakai jari kita.
Perawatan kuku pada jari burung
Untuk menghindar supaya kuku burung kenari tak jadi tambah panjang ada 2 hal yang perlu dilakukakan yakni :

Pertama : Lewat cara kuku burung kenari dipotong dengan cara berkala. Adapun langkah memotong kuku burung kenari yakni burung kenari dipegang tangan kiri sedang tangan kanan memegang gunting, tentang alat pemotong kuku terserah ingin memakai gunting atau alat pemotong kuku (gunting spesial buat kuku), cuma yang perlu di perhatikan yaitu pada waktu memotong kuku jangan sempat terlampau dekat atau memotong pembuluh darah. Bila hingga pembuluh darah terpotong bakal kesusahan menghentikan pendarahannya. Untuk lebih terang dapat tengok gambar di atas.

Yang ke-2 : Yakni tangkringan/tenggeran yang dipakai mesti kasar, bila Anda beli tangkringan product pabrik umumnya permukaannya telah ada susunan pasir, gunanya yaitu untuk mengikis kuku burung kenari supaya tak terlampau panjang.

Seperti kita kenali burung-burung di alam bebas tidak sering tampak kukunya memanjang, barangkali mereka mempunyai langkah sendiri untuk memotong kuku-nya. Burung yang dipelihara di dalam sangkar memiliki sarana yang ada terbatas maka kita untuk tuannya mesti sediakan alat untuk menjaga kuku.