Wednesday, June 11, 2014

Masa Moulting pada Kenari


Masa Moulting pada Kenari

Masa Moulting pada Kenari | Bro Kicau - Disini kerap dimaksud dengan kata ‘mabung’, ‘brodol’ atau ‘ngurak’, yaitu suatu sistem yang umum. Bulu tak bisa diperbaiki sesudah mereka tumbuh, hingga burung memiliki suatu system pergantian yang dimaksud ‘mabung’ atau ‘ngurak’ itu. Sepanjang sistem mabung, bulu yang telah tua serta rusak bakal ditukar dengan bulu yang baru.

Pengendalian Ketika Mabung

Banyak hal yang mengakibatkan mabung belum dimengerti secara detail, kombinasi pada umur, lama sinar matahari bercahaya, tingkat hormon serta kegiatan ternak juga mengakibatkan terjadinya mabung. Burung biasanya memiliki frekuensi mabung sekali dalam satu tahun. Sebagian burung memiliki frekuensi mabung 2 x dalam satu tahun serta sebagian burung paruh bengkok type besar memiliki frekuensi mabung 2 th. sekali.

Perkembangan Bulu

Lantaran bulu tumbuh dari akar bulu (follicle), bila akar bulu telah terisi oleh bulu maka pangkal bulu ini tak bisa menghasilkan bulu yang baru. Langkah pertama dalam sistem mabung yaitu jatuhnya bulu yang sudah ada. Lalu dari akar bulu bakal tumbuh bulu yang baru serta berkembang pada ujung bulu. Menarik bulu dengan cara paksa bakal merangsang akar bulu untuk menghasilkan bulu yang baru namun memotong atau rusaknya bulu dengan pangkal bulu yang tetap tertanam pada akar bulu tak lagi bikin bulu baru tumbuh.

Sepanjang masa mabung burung terus bakal dapat terbang, terkecuali sebagian burung laut serta burung air. Biasanya, pertama yang bakal ditukar yaitu bulu sayap, lalu bulu tubuh serta pada akhirnya bulu ekor dari tengah ke tepi.
Masa Moulting pada Kenari

Mabung Tidak Normal
Satu diantara persoalan yang kerap berlangsung dengan burung yaitu mabung yg tidak normal, seperti mabung dalam periode yang lebih lama atau tumbuhnya bulu yang abnormal. Bulu yang abnormal umumnya yaitu tak berwarna, tumbuh cacat tak seperti umumnya atau ada garis stres (stress line). Bulu yg tidak normal ini yaitu wujud ada persoalan pada burung. Nyaris seluruhnya wujud ketidak-normalan bulu berlangsung pada akar bulu sepanjang perkembangan bulu.

Pemicu Bulu Abnormal


1. Kurang nutrisi
Sepanjang masa mabung serta perkembangan bulu, badan memerlukan penambahan suplai nutrisi serta dengan demikian badan memerlukan jumlah enerji, protein, vitamin, lemak serta mineral yang semakin besar. Bila tak diberikan maka burung bakal menggunakan apa yang ada lalu bakal turunkan mutu bulu yang tumbuh. Amatlah bijak jika menaikkan mutu pakan sepanjang masa mabung, dengan berikan penambahan extrafooding, extra buah serta sayuran serta suplemen lain yang mempunyai tujuan berikan keperluan nutrisi penambahan spesial untuk burung dengan dosis yang pas.

2. Penyakit
Penyakit yang kerap menyerang bulu yaitu Psittacine Beak and Feather Disease (PBFD atau Circovirus). Virus ini menyerang akar bulu serta mengakibatkan perkembangan bulu yang tumbuh jadi tak prima.

Hati yang terlampau berlemak juga kadang-kadang bikin bulu kepala serta tengkuk jadi lebih pendek hingga burung tampak runcing. Bulu burung jadi beralih warna kadang-kadang juga dikarenakan oleh penyakit di hati.

3. Stress
Badan merespon stres dengan menghasilkan hormon (cortisone), pertambahan desakan darah (kemungkinan dengan berterbangan serta berkelahi) serta menyusutnya nafsu makan (burung yang stres kadang-kadang tidak ingin makan). Bila hal itu berlangsung pada saat mabung bakal memengaruhi perkembangan bulu. Sering kali kita bakal lihat ‘stress line’ pada bulu. Garis ini gampang sekali dipandang pada bulu yang besar, terlebih bulu ekor. Stress line menunjukkan pada kita bahwasanya sepanjang bulu itu tumbuh, burung alami penderitaan lantaran kekurangan nutrisi pada akar bulu.

4. Bahan Kimia
Sebagian bahan kimia bisa memengaruhi perkembangan bulu. Dengan cara riil bulu yaitu suatu jendela dari kesehatan seekor burung. Bila Anda beli seekor burung selalulah lihat bulu dengan cermat, ada beberapa hal yang bakal didapat.

Mengoptimalkan Mutu Bulu
  • Kurangi rusaknya bulu yang sudah tumbuh. Wujud sangkat, type jeruji sangkar, tempat pakan minum serta yang lain dapat juga mengakibatkan rusaknya bulu burung. Saat menangkap burung berhati-hatilah bahwasanya Anda bisa mengakibatkan kerusakan bulu burung.
  • Berikanlah ekstra nutrisi sepanjang mabung. Pakan serta suplemen yang memiliki kandungan nutrisi spesial untuk burung benar-benar direferensikan.
  • Menghindar penyakit yang bisa menyerang burung di area burung, seperti : PBFD, polyoma, psittacosis, coccidia, megabacteria, dan sebagainya.
  • Berikanlah air yang bersih tiap-tiap harinya.
  • Jauhi stres sepanjang masa mabung, seperti : beralih rumah, beli pada saat mabung, inginalan lingkungan yang baru.
  • Periksa semua obat yang bakal diberikan apakah tak lagi menyebabkan suatu hal yang jelek pada perkembangan bulu.