Wednesday, January 22, 2014

Perawatan Burung Kicauan Pada Musim Hujan

Orang-orang di lokasi Jabodetabek saat ini tengah berduka, lantaran banjir tetap mengepung rumahnya. Sebagian kicaumania pemula tidak cuma bingung bagaimana melakukan kesibukan ke tempat kerja, ke universitas, dsb. Mereka juga bingung pikirkan burung piarannya yang hampir terlewatkan. Saat ini, saya bakal membagikan panduan dan tips dalam menjaga kenari di musim hujan. Sebagian poin bisa diaplikasikan pada type burung kicauan yang lain.

Untuk daerah yang alami banjir cukup kronis, dengan ketinggian air 2 – 4 mtr., serta rumah tak bertingkat, dianjurkan melaluipkan (sesaat) kenarinya ke rumah saudara, kerabat, atau teman dekat yang tidak kebanjiran, atau minimum genangan air tidak terlampau tinggi.

Bila dipaksakan bertahan, banyak efek negatif yang nampak. Dimulai dari kemungkinan tercemar penyakit leptospirosis (disebarkan tikus), sampai dampak segera dari udara dingin, baik dari genangan air dibawah sangkar ataupun terpaan hawa dingin.

Untuk sahabat kicaumania yang kebetulan tempat tinggalnya berlantai dua atau tiga, burung relatif lebih aman, walau pengerodongan mesti selalu dikerjakan waktu cuaca tampak mendung.
Note : Seluruhnya ini dikerjakan sesudah semua keselamatan serta kesehatan anggota keluarga dibereskan dahulu. Bagaimana juga, manusia lebih bernilai dari pada burung.

Persoalan lain yaitu bagaimana menjaga kenari pada musim hujan, terlebih untuk pemain yang sering turunkan burungnya di lapangan, atau nonpemain yang mengharapkan momongannya tak alami drop berkelanjutan.
 
Pada waktu cuaca kurang mensupport disebabkan hujan terus-menerus seperti waktu ini, kita tak perlu memaksakan burung untuk dijemur.

“Jika cuaca kurang mensupport, burung cukup dianginkan saja tiap-tiap pagi ditempat yang aman. Bila jumlah kenari kian lebih seekor, burung dapat dianginkan dengan cara berjejer, serta sangkar mesti dikerodong, terkecuali sisi depannya dilewatkan terbuka, ” pesan salah satu master.

Dalam keadaan cuaca tak bersahabat seperti saat ini, janganlah sangsi berikan vitamin C pada burung supaya daya tahannya jadi tambah baik. Semakin bagus lagi multivitamin, yang mempunyai kandungan vitamin komplit, mulai vitamin A, B-Complex, C, E, K, dsb.

Jika rumah tak kebanjiran, kenari untuk sesaat dapat diletakkan dalam kandang umbaran didalam rumah, atau dapat pula di lantai atas. Penempatan kenari dalam kandang umbaran adalah satu diantara jalan keluar bila burung tak pernah dijemur.

“Kenari benar-benar rawan pada angin dalam keadaan cuaca ekstrem. Kandang umbaran ini menolong menangani minimnya penjemuran. Saya umumnya mengerjakannya mulai Senin sampai Rabu, ” kata master kicau.

Untuk yang memiliki kenari untuk hiburan dirumah, panduan ini dapat diteruskan hingga Minggu. Namun untuk beberapa pemain, burung dari Kamis tak perlu diumbar lagi, lantaran mesti melakukan perawatan spesial lomba.

Dalam hal semacam ini, mulai berikan extra fooding sayuran berbentuk salada serta sawi dengan cara berselang-seling. Pada hari-H, buah apel serta sepotong telur puyuh rebus jadi menu harus untuk kenari.

Lewat cara seperti ini, kenari tetap dapat berprestasi, walau keadaan cuaca tengah tak bersahabat. Itu penyebab, burung-burung koleksi master kicau terus berprestasi di lapangan.