Thursday, January 30, 2014

Burung Nuri



Burung yang mempunyai bulu berwarna-warni ini di kenal dengan kecantikannya. Keluarga burung berparuh bengkok ini bisa ditemukan dikawasan timur indonesia tepatnya di Pulau Seram, burung yang populer lantaran kecantikan warna bulu-bulunya ini mempunyai postur badan tengah, tetapi kokoh. Kepalanya besar dengan paruh besar serta berkait. kakinya kuat serta lincah dengan jari yang menghadap ke belakang. Sudah pasti, bila di perhatikan, burung ini tak hanya cantik juga gagah. Burung pemakan buah-buahan, biji-bijian ini benar-benar sukai bikin sarang di lubang-lubang yang ada di pohon. Kekuatan terbangnya amat cepat, suaranya yang tajam serta keras dapat bikin siapa juga berpaling untuk mencermati keindahannya.

Burung nuri mempunyai sebagian spesies, tetapi yang populer yaitu nuri pelangi. Pulau Maluku mempunyai sebagian pulau kecil yang didiami oleh nuri pelangi, sebagian daerah juga jadi daerah penyebaran spesiesnya salah satunya Sumbawa, Papua Barat, Flores, serta Lombok. Burung cantik yang di kenal dengan nama burung kasturi, ekornya yang agak bersudut adalah ciri khas burung ini, diluar itu beberapa kolektor benar-benar suka pada warnanya yang indah serta cantik. Burung nuri pelangi mempunyai sisik-sisik dibagian bawah bulunya. Hal tersebut yang bikin warnaya jadi makin cantik. Burung nuri pelangi benar-benar sukai terbang bersamaan dengan kelompoknya. Waktu terbang berbarengan umumnya keluarkan nada yang benar-benar ramai. Tak hanya burung nuri pelangi, burung nuri type lain yang benar-benar cantik yakni ; burung nuri merah kepala biru, ada juga nuri merah yang mempunyai bulu-bulu berwarna merah, tetapi berwarna kepala hitam. Serta yg tidak kalah cantik, yakni burung nuri berwarna hijau serta kuning. Diluar itu, ada juga burung nuri berwarna hijau serta kuning.

Ada juga nuri yang mempunyai sayap hitam juga yang berwarna hitam. Sayangnya, waktu ini burung nuri yang populer dengan kecantikan serta keindahan warna bulunya telah nyaris punah. Hal semacam ini dikarenakan oleha habitat rumahnya yang rusak, hutan-hutan tempat tingggal yang ditebangi pohon-pohonnya hingga burung ini kehilangan rumah. Diluar itu, burung nuri banyak ditangkapi oleh pemburu untuk jadikan Hewan Peliharaan. Sudah pasti, hal semacam ini karena sangat banyak yang suka pada burung ini.