Monday, April 28, 2014

Tips Membedakan Love Bird Jantan Dan Betina

Hai para kicau mania kita ketemu lagi setelah lama tidak posting artikel, kemarin penghobi baru lovebird ada yang bertanya tentang gimana membedakan jenis jantan dan betina pada love bird pada om dan setelah panjang lebar ngobrol kesana kemari sampai akhirnya beliau paham,lalu pada saat ini om teringat obrolan yang kemarin yang menjadi inspirasi untuk membuat artikel tentang Membedakan Love Bird Jantan Dan Betina.

Memang membedakan love bird jantan bagi penghobi baru love bird sangat lah sulit untuk membedakannya sehingga tak jarang para penghobi itu sering katakanlah tertipu oleh penjual love bird tersebut.nah untuk itu disini om akan coba memberi tips yang mudah mudahan saja berguna.

http://burungbudidaya.blogspot.com/search/label/Cara%20Membedakan%20Burung%20Jantan%20Dan%20Betina?max-results=6
Untuk Love Bird memang bisa kita lihat dari berbagai segi guna mengetahui jantan dan betinanya berikut ciri ciri yang bisa kita jadikan acuan:

    Dilihat Dari Segi Fisik

Lovebird / Lakbet betina cenderung memiliki tubuh yang besar kekar dan lebih berat. namun kriteria ini tidak mutlak sifatnya. maksud tidak mutlak disini adalah tergantung seberapa sering kita memberi pakan kepada burung lovebird ini. yang jelas burung akan cenderung kurus kalau kita tidak menerapkan cara yang benar dalam perawatannya

    Dilihat Dari Cara Bertengger

Lovebird / Lakbet betina jika bertengger  jarak antar kaki akan lebih melebar jika dibandingkan dengan lovebird jantan  yang cenderung sempit jarak kakinya.

    Dilihat Dari Warna Bulu

Lovebird / Lakbet jantan mempunyai warna yang terang dari lovebird betina. Meskipun hal itu tidak selalu benar karena warna bulu juga tergantung pada makanan, iklim dan tempat dimana burung tersebut berada

    Dilihat Dari Bentuk Bulu Ekor

Lovebird betina mempunyai ekor dengan bentuk ekor merata lebar sedangkan lovebird jantan mempunyai ekor yang berbentuk agak meruncing

    Dilihat Dari Cara Membangun Sarang

Kegiatan membangun sarang akan lebih aktif dilakukan oleh lovebird betina ketimbang jantan. Disaat dua burung lovebird (betina & jantan) menggigit-gigit batang kayu  maka lovebird betina akan mengambil kulit kayu dan mengumpulkannya untuk membuat sarang, sedangkan lovebird jantan hanya menyuapi kulit kayu saja dan memberikannya kepada si lovebird betina. Namun hal itu juga tidak mutlak karena ada lovebird jantan yang juga aktif mengumpulkan bahan untuk membuat sarang.

    Perabaan Pada Tulang Pubis (Supit Urang)

Lovebird memiliki dua tulang pubis pada bagian pinggulnya. Pada musim berkembang biak, tulang pubis betina akan menjadi lebih elastis dan jarak antara kedua tulang pubis tersebut akan melebar karena pengaruh hormon. Keadaan tersebut dapat kita rasakan dengan melakukan perabaan oleh tangan. Pada lovebird jantan, jarak antar dua tulang pubis tersebut menyempit.

Nah mungkin itu sedkit tips yang bisa kita jadikan acuan kalau masih saja sulit kita juga bisa bedakan dengan sebuah alat yang biasa digunakan para dokter hewan yaitu Laparoscopy.