Thursday, October 30, 2014

Cara Membedakan Cendet Jantan dan Betina

Cara Membedakan Cendet Jantan dan Betina

Cara Membedakan Cendet Jantan dan Betina | burungbudidaya -Untuk membedakan type kelamin burung cendet bisa dikerjakan lewat cara mencermati sisi samping kiri serta kanan burung. Bila dibagian pipinya ada warna hitam yang mencolok sekali, tunjukkan bahwa cendet itu berkelamin jantan. Untuk betina, warna hitamnya tampak semu. Dipandang dari bentuk kepalanya, cendet betina umumnya memiliki kepala agak menggelembung. Disamping itu, jantannya mempunyai bentuk kepala yang agak ceper mendatar.

Cara Membedakan Cendet Jantan dan Betina

Untuk lebih pasti bisa dipandang dibagian supit burung. Burung cendet jantan memiliki supit kecil panjang ditandai dengan motif bulu berbentuk garis tak teratur dibagian supitnya. Pada betina, bentuk supitnya besar dengan motif bulu garis teratur seperti kembang.

Untuk Pemilihan Cendet yang Bagus
  • Berkelamin jantan, tanda-tanda burung Cendet jantan bisa dipandang warna bulu yang tegas mengkilap serta kontras. Tetapi baiknya Anda tak terjerat pada penentuan type kelamin jantan, karena kenyataan menunjukkan, cendet betina banyak juga sebagai juara.

  • Bentuk paruh, baiknya tentukan bentuk paruh yang berpangkal lebar, tidak tipis, besar serta panjang. Paruh sisi bawah condong lurus. Janganlah pilih bahan yang mempunyai paruh bengkok. Posisi lubang hidung tentukan sedekat mungkin saja dengan posisi mata.

  • Kepala besar, mata bulat besar serta melotot. Ini mengisyaratkan burung ini memiliki mental tempur yang baik.

  • Postur tubuh, pastikan bahan yang berpostur tengah dengan panjang leher, tubuh serta ekor dan kaki yang cocok. Janganlah pilih bahan yang berleher serta berbadan pendek.

  • Sayap mengepit rapat serta kaki mencengkram kuat, ini mengisyaratkan bahan itu sehat. Pastikan Kaki yang besar serta tampak kering. Warna kaki tak punya pengaruh pada mental burung.

  • Lincah serta bernafsu makan besar. Ini adalah tanda-tanda bahan yang bermental baik.

  • Leher panjang padat diisi. Mengisyaratkan burung ini bakal keluarkan power nada dengan cara optimal.
Demikian cara membedakan jenis kelamin burung cendet dan trik pemilihan burung bakalan cendet yang bagus,selanjutnya tinggal bagaimana kita merawatnya agar menjadi burung cendet unggulan yang rajin berkicau ( baca juga : tips cendet cepat gacor )