Thursday, October 23, 2014

Mengatasi Bulu Rontok pada Burung Ocehan

Bulu Rontok pada Burung Ocehan


Mengatasi Bulu Rontok pada Burung Ocehan | Bro Kicau -Banyak burung kicauan yang alami kebotakan, terlebih berlangsung mulai sejak akhir mabung serta tidak pernah selesai sampai saat mabungnya rampung. Bahkan juga ada pula kebotakan yang berlangsung diluar saat mabung. Kesempatan ini,kita coba kupas permasalahan kebotakan pada burung kicauan, dan bagaimanakah menghindar serta mengatasinya. 

Bila kebotakan berlangsung pada akhir saat mabungnya, hal semacam ini pasti adalah efek dari mabung berkelanjutan yang diakibatikan sebagian aspek penyebab stres sepanjang mabung. Dalam uraian yang semakin besar, pemicu kebotakan burung dapat berlangsung lantaran : 
  • Konsumsi gizi yang jelek sepanjang masa mabung, terlebih kekurangan protein, kalsium, iodium, serta vitamin D. 
  • Pergantian suhu/iklim, terlebih suhu serta kelembapan yang berfluktuasi, kelembapan terlampau tinggi atau kurang memperoleh cahaya matahari. 
  • Disebabkan penyakit, terlebih infeksi yang dikarenakan tungau kantung hawa (air sac mites). 
  • Burung terus-terusan dipaksakan untuk selalu berproduksi (masalah pada burung-burung di kandang penangkaran). 

Tetapi, bila kebotakan berlangsung diluar saat mabung normal, sebagian pemicunya diantaranya : 
  • Burung terinfeksi tungau cnemidocoptes yang bikin kulit burung jadi rusak atau berkerak. Penyakit ini di kenal dengan juga nama scaly leg (baca lagi : Menangani kaki berkerak pada burung). 
  • Burung terinfeksi jamur pada permukaan kulitnya, hingga botak serta menyusahkan tumbuhnya bulu-bulu baru. 

Pencegahan serta penyembuhan 

Dalam tulisan terdahulu dijelaskan, iodium kerap dipakai untuk menyembuhkan burung yang alami kebotakan. Hal semacam ini dikarenakan iodium dapat merangsang kelenjar tiroid serta mendorong burung untuk selekasnya bertukar bulu. Tetapi pemberian iodium mesti diberikan berbarengan nutrisi yang lain terlebih vitamin serta mineral. 

Biasanya, burung yang alami kebotakan tak mempunyai daya serta nutrisi yang cukup untuk berkembangbiak. Jadi, jikalau burung dipaksakan untuk terus diternak, besar kemungkinan penangkaran bakal alami kegagalan. 

Begitupun saat Anda mempunyai burung induk yang tengah mabung, janganlah paksakan burung untuk selalu berprosuksi saat sebelum mabung mereka jalan prima. 

Burung yang alami kebotakan bukanlah bermakna dalam keadaan lemah, namun lebih adalah tanda-tanda dari gizi jelek serta aspek stres yang lain. Karenanya juga, burung masih tetap dapat beraktivitas yang lain. 

Untuk menangani burung yang alami kebotakan, terdapat banyak aksi yang perlu selekasnya dikerjakan supaya kulitnya yang botak itu tak terinfeksi jamur atau bakteri yang dapat mengganggu sistem tumbuhnya bulu baru. 

Bulu Rontok pada Burung Ocehan

Di bawah ini banyak hal yang dapat dikerjakan untuk menangani burung yang alami kebotakan : 
  • Siapkan suplemen nutrisi penambahan dalam perawatan hariannya, yang meliputi menambahkan mineral iodium serta type mineral yang lain, vitamin, protein nabati, protein hewani, serta sumber nutrisi lain yang dapat disiapkan dalam makanannya. 
  • Berikanlah therapy penyembuhan untuk menangani tungau kantung udara (air sac mites). Burung yang botak memanglah gampang diserang tungau kantung udara (KU), atau bahkan juga telah diserang tungau KU. 
  • Bila kulit burung telah terinfeksi jamur, ditandai dengan adanya banyak kerak/sisik pada kulit yang botak itu.
  • Sesudah burung mulai tunjukkan pergantian yang menggembirakan, umpamanya nampak tunas-tunas bulu baru di ruang seputar kulit yang botak, jadi perawatan setelah itu ikuti perawatan burung sesudah mabung, yakni mulai teratur diberiikan pakan berprotein tinggi serta mandi teratur untuk mempercepat tumbuhnya bulu-bulu baru.