Monday, October 13, 2014

Cara Sukses Merawat Burung Ocehan


Cara Sukses Merawat Burung Ocehan | burungbudidaya -Masalah yang paling banyak ditampilkan dalam beragam komunitas burung yaitu bagaimanakah bikin burung yg tidak bunyi jadi bunyi ; bunyi buruk jadi bagus ; bunyi bagus terus berkelanjutan bagus. Hal semacam ini sangatlah lumrah lantaran maksud paling utama yang dikejar beberapa kicaumania dalam pelihara burung yaitu bagaimanakah burung mereka dapat bunyi bagus. 

Kicauan burung sangatlah terkait dengan kesehatan juga sebagai variabel berdiri sendiri (yang memengaruhi). Kesehatan ini ada dua ; fisik serta mental, yang keduanya tak dapat dipisahkan sekalipun. Sesehat apa pun keadaan fisik burung, bila terganggu keadaan mentalnya, jadi kesehatan fisik segera terganggu serta akan tidak pernah ingin bunyi, terlebih bunyi bagus. Begitupun bila mentalnya bagus, jadi saat keadaan fisiknya terganggu, umpamanya nglabrak serta pangkal paruhnya berdarah, jadi bakal mengakibatkan burung tak dapat tampak optimal. 

Pakan 
  • Kesehatan fisik bakal terwujud apabila burung terpenuhi dalam soal pakan (4 sehat, 5 prima), air serta cahaya matahari. 
  • Kesehatan mental bakal terwujud apabila burung ada dalam keadaan “senang” serta tak tertekan. 
Terkait dengan tercukupinya 4 sehat 5 prima, jadi utamalah untuk burung selalu untuk disuplai makanan penambahan. 
  • Untuk burung dengan pakan paling utama serangga (MB, type2 kacer, dan lain-lain) butuh di beri penambahan vitamin dengan cara teratur serta terarah. Untuk type burung ini yang punya kebiasaan di beri voor, dapat diperhitungkan butuh tidaknya pemberian vitamin. Bila dalam paket voor telah tercatat bahwa voor tsb kaya kandungan vitamin, mungkin saja tak memerlukan penambahan suplemen. Untuk burung2 yg tidak di beri voor (lantaran di kuatirkan bakal turunkan kwalitas nada) mutlak mesti ditambah suplemen (terutama vitamin). 
  • Untuk burung dengan pakan paling utama berbentuk buah (type cucak umpamanya), butuh di beri serangga dengan teratur serta terarah. 
  • Untuk burung pemakan biji, butuh kerap di beri serangga serta buah/sayuran. Kenari serta branjangan umpamanya, memerlukan kroto dalam menu makanannya. 

Terkait dengan tercukupinya cahaya matahari (untuk pengubahan pro vitamin D jadi vit D ; mematikan jamur serta kutu), jadi tersebut pentingnya penjemuran. Untuk sebatas argumen kesehatan (bukanlah treatment supaya “ganas” dsb), penjemuran teratur cukup 30 – 60 menit pada pagi hari. 

Konsistensi 

Lebih utama dari segalanya diatas yaitu permasalahan ketekunan dalam pemberian, baik dalam soal jadwal ataupun ukuran. 

Pemberian pakan dengan jadwal yg tidak teratur, terkadang ditukar pagi, terkadang sore ; atau jumlah yg tidak teratur, terkadang sesendok terkadang tiga sendok, atau type pakan (umpamanya voer) yang bertukar-ganti, terkadang merk A terkadang merk B, bikin burung tak stabil. 

Terkait dengan permasalahan ketekunan inilah jadi butuh sangkanya untuk beberapa kicaumania untuk mengambil keputusan type, jadwal serta jumlah pakan untuk burung mereka yang dikerjakan dengan cara berkelanjutan. 

Umpamanya Anda telah mengambil keputusan pola makan : pagi jangkrik 4 ekor, siang kroto sesendok, sore jangkrik 5 ekor plus cacing 2 ekor, jadi berkelanjutan saja itu dikerjakan. 

Demikian juga perihal dalam soal memandikan serta menjemur. Mesti berkelanjutan. Bila burung Anda umum dimandikan pagi, ya pagi selalu. Bila sore, ya sore selalu. Bila pagi-sore, ya pagi-sore selalu. Bila satu minggu cuma sekali pada hari Minggu, ya satu minggu sekali saja pada haru Minggu. Bukanlah jadi satu minggu 2 x cuma lantaran kebetulan pada minggu itu ada libur terkecuali hari Minggu. 

Bila memanglah memerlukan pergantian jadi sebaiknya pergantian tak dikerjakan dengan cara mencolok serta berkelanjutan mengaplikasikan pola baru itu. Selenggarakan pergantian dengan cara bertahap. Untuk ubah merk pakan umpamanya, jadi campur saja pakan yang umumnya dengan pakan yang baru. Hari selanjutnya, merk spesifik yang akan di hilangkan, dikurangi porsinya sedikit untuk sedikit, hingga selanjutnya cuma voer pengganti yang kita sodorkan.