Wednesday, February 12, 2014

Burung Blackthroat



Burung Blackthroat (Serinus Atrogularis) atau dimaksud dengan Blackthroated canary atau Yellow-rumped Seedeater adalah burung yang datang dari Benua Afrika.

Burung ini masuk ke Indonesia pada saat penjajahan Belanda lewat beberapa orang Belanda.Bila ditranslate ke bhs Indonesia “Black” yaitu “hitam”, sedang serta “throat” yaitu “kerongkongan”. Jadi makna seluruh dari blackthroat yaitu “kerongkongan hitam”.

Asal nama dari burung blackthroat yaitu lantaran burung ini mempunyai warna hitam di bagian kerongkongannya atau ada noktah hitam di bagian leher yang tampak seperti memakai dasi.

Burung blackthroat adalah burung kecil yang mempunyai nada serta nyanyian yang benar-benar menakjubkan. Oleh karena itu burung blackthroat dikelompokkan dalam bangsa Passeriformes serta subbangsa Passeres (bangsa burung penyanyi). Blackthroat masuk dalam famili Fringilidae (bangsa kenari) dalam grup Serinus.

Habitat


Burung blackthroat umumnya hidup di rimba tropis atau subtropis, savana, padang rumput, padang gersang atau rimba kering. Burung ini semakin banyak ditemukan di Benua Afrika yang disebut daerah aslinya.

Burung ini dapat juga ditemukan di China, India, serta Belanda yang mempunyai banyak penangkaran burung type ini. Di Indonesia burung blackthroat dapat ditemukan di Pulau Jawa, Bali, serta Sumatera.

Burung blackthroat benar-benar suka pada tempat yang tinggi seperti ranting pohon yang tinggi di mana umumnya bakal berkicau untuk mencari pasangannya atau untuk tandanya wilayahnya.

Burung blackthroat bikin sarang telurnya dengan menghimpun bahan=bahan yang terbagi dalam rerumputan serta serpihan dedaunan.


Sifat

Burung blackthroat putih keabu-abuan serta blackthroat coklat keduanya sama mempunyai nada yang benar-benar nyaring, keras serta nada ngeroll yang demikian menakjubkan hingga bikin bakal bikin anda demikian susah untuk temukan keunggulan serta kekurangan dari ke-2 type burung ini.

Burung blackthroat di kenal dapat menyanyikan lagu dengan keras tetapi terdengar merdu hingga hal inilah yang bikin burung ini disenangi oleh beberapa pengagum burung.

Di habitat aslinya yakni Afrika, burung ini sukai bertengger diatas pohon yang tinggi sembari berkicau untuk memikat blackthroat betina atau untuk mempersyaratkan daerah kekuasaannya.

Keunggulan burung blackthroat yaitu burung ini berbentuk poligami dimana blackthroat jantan dapat dikawinkan dengan kian lebih satu blackthroat betina. Pastinya karakter ini benar-benar berguna untuk beberapa penangkar burung.

Burung blackthroat terhitung type burung yang berani lantaran dapat kawin dengan burung yang mempunyai ukuran badan yang semakin besar, yakni burung kenari. Diluar itu burung ini dapat juga kawin dengan burung Gelatik, Mozambik, serta Herda Sanger.

Burung blackthroat berbentuk mimikri, yakni dapat menirukan nada type burung lain. Burung ini adalah master yang baik untuk burung lomba lantaran mempunyai volume, speed serta suara yang indah.

Burung Blackthroat memiliki rutinitas berpoligami hingga burung ini bukan hanya terhitung burung sosial. Dengan hal semacam ini pastinya burung ini dapat dipelihara sendiri dirumah.

Bila mau pelihara burung blackthroat baiknya tentukan blackthroat jantan lantaran mempunyai volume nada yang keras serta suara yang beragam.

Di segi lain blackthroat betina mempunyai suara yang monoton serta nada yang kadang-kadang keras tetapi semakin banyak lemah.

Satu diantara karakter yang paling unik dari burung blackthroat yaitu mempunyai karakter yang terlampau over protektif. Burung ini mungkin mematuki anaknya yang tetap piyik hingga mati bila terasa terganggu saat tengah mengerami telur.

Type
Di Indonesia burung blackthroat mempunyai dua type, yakni blackthroat berwarna putih keabu-abuan (putih kelabu) serta Blackthroat berwarna coklat.

Burung blackthroat yang berwarna putih keabu-abuan mempunyai pembagian badan yang cocok, warna yang indah serta lebih bersih hingga burung ini lebih disenangi oleh pengagum burung. Sedang burung blackthroat coklat mempunyai postur badan yang semakin besar.

Penentuan Bakalan Blackthroat
Burung Blackthroat adalah burung yang kicauannya benar-benar indah, mengalun benar-benar merdu dengan irama tinggi serta rendah dengan kicauan yang panjang serta tak terputus-putus. Tetapi Blackthroat betina umumnya benar-benar cuma mencicit serta nada kerasnya condong monoton.

Susah barangkali untuk pemula tahu ciri kelamin jantan serta betina, tetapi dengan cara fisik tedapat perbedaan untuk memastikan Blackthroat jantan serta betina seperti ada pada bagan seperti berikut :
Ciri blackthroat jantan
  • Postur badan tegap dengan ukuran panjang 12 cm
  • Pita di leher berwarna hitam pekat
  • Ukuran kepala besar serta agak panjang
  • Mempunyai paruh yang tebal
  • Lehernya jenjang
  • Nada ngeroll (tak terputus-putus), volume keras serta mempunyai banyak variasi
  • Permukaan anus menonjol keluar serta ada benjolan sebesar kacang hijau dengan bulu rawis
Ciri blackthroat betina
  • Mempunyai ukuran badan yang nyaris sama juga dengan jantan tetapi postur badan agak bulat
  • Pita di leher terlihat samar
  • Ukuran kepala kecil serta membulat
  • Mempunyai paruh yang tipis
  • Lehernya pendek
  • Nada volume kecil serta variasi kicauan monoton
  • Permukaan anus cuma ada lubang untuk keluarnya kotoran

Panduan menentukan burung blackthroat

Postur badan tegap

Blackthroat yang mempunyai badan yang tegap serta besar dan lencir (panjang) umumnya mempunyai mental yang baik serta nada yang panjang ini dapat juga mencirikan bahwasanya Blackthroat itu tak alami masalah atau tak terhalang pertumbuhannya.

Dada yang tegap serta bagian mengisyaratkan bahwasanya Blackthroat itu memiliki volume nada nyaring serta keras. Blackthroat yang bertemura keras bukan hanya saja indah didengar namum bila kita turunkan dalam satu kompetisi pastinya bakal berani dalam memperdengarkan suaranya di lapangan serta bisa menjatuhkan mental lawannya.

Sorot Mata Tajam

Sorot mata tajam bisa mencirikan bahwasanya Blackthroat itu bermental baik, serta sehat. Baiknya janganlah diambil Blackthroat yang bermata sayu lantaran bisa mencirikan bahwasanya mental Blackthroat itu lemah atau burung itu dalam situasi kurang sehat.

Bulu Cerah

Bulu yang cerah bukan hanya saja menaikkan keindahan dari burung itu tetapi bisa mencirikan bahwasanya burung itu adalah burung yang baik dari perawatan ataupun mentalnya.

Tak cacat

Tak hanya tak tengah dilihat mata, burung yang cacat dapat juga kurangi kesuksesan bila bakal ditangkar. Yang umum alami cacat pada burung finch yaitu sisi kaki, mungkin lantaran terlilit atau diganggu hama saat kecil, maka sisi itu mesti memperoleh perhatian spesial saat memilik Blackthroat yang kita kehendaki.

Paruh

Tentukan paruh Blackthroat yang panjang, tidak tebal serta seimbang di mana sisi bawah serta atas paruh waktu burung itu diam mesti rapat, ciri itu mengisyaratkan burung itu memiliki nada yang keras.

Awas Tertipu

Dengan cara fisik, Blackthroat serta herda sanger memiliki kemiripan. Adakalanya beberapa pedagang yg tidak jujur memakai langkah tak terpuji dengan mencat bulu di atas sisi ekornya (bulu ekor) jadi warna kuning yang disebut ciri khas serta Blackthroat.

Bila ini ditangani dengan rapi maka bakal benar-benar susah untuk pemula untuk membedakan pada Blackthroat dengan Blackthroat jejadian.