Thursday, February 27, 2014

Tips Merawat Burung Ocehan Stress




Langkah ini biasanya saya gunakan untuk mengatasi kacer atau murai yang macet bunyi karena kesalahan di dalam perawatan misalnya saja persoalan di dalam pemberian EF (jangkrik, kroto dan sebagainya), langkah menangani burung yang stres/macet yang umum saya gunakan ini sudah saya coba berulang-kali dan pada akhirnya positif sahabat, nah untuk mengatasi burung yang macet bunyi ini bila saya katakan ya cukup sederhana tetapi efektif, sebelum akan ke langkah penanganannya nih sahabat.

Di simak dahulu pemicu burung stres/macet bunyi :
  • Burung dan kurungannya habis jatuh ;
  • Salah perawatan (penjemuran, pemberian EF, dan sebagainya) ;
  • Penempatan burung (misal burung kacer bertipe fighter di simpan sama-sama bertemu dengan burung kacer lain) ;
  • Mabung/ ganti bulu ;
  • Sakit, dan terdapat beberapa lagi yang lain.
Nah waktu ini menangani burung yang stres/macet bunyi, langkahnya cukup sederhana yaitu berikan porsi jangkrik/kroto yang semakin banyak dari porsi pada awalnya, makin banyak di sini tidak cuma berarti porsi jangkrik hanya di lebih 1 ekor atau 2 ekor tetapi maksud saya bila bisa makanan pokoknya itu di ganti (tak di menyingkirkan didalam kandang) dengan jangkrik/kroto, nah lakukan itu hingga burung kembali seperti sediakala/apabila sudah ada penambahan yang bagus lah.

Jadi apabila burung sudah seperti sediakala maka kembalikan lagi porsi jangkriknya, kurangi sedikit-sedikit, tetapi jangan sampai hanya jangkriknya doang yang di ganti bila bisa sekalian perawatan hariannya sahabat di jemur di mandiin dan di bersihkan kandangnya dengan teratur.