Friday, February 7, 2014

Budidaya Kenari Yorkshire Lokal

kenari yorkshire

Budidaya Kenari Yorkshire Lokal | Ocehan Burung -Keuntungannya cukup mengundang selera, terlebih bila product yang dihasilkan yaitu anakan kenari yorkshire lokal, atau kerap disingkat YS lokal. Harga anakan YS lokal usia 25 hari dapat meraih Rp 4, 5 juta/ekor ekor, apabila telah dewasa (siap kawin) seputar Rp 7, 5 juta – Rp 8 juta per ekor. Di bawah ini langkah cetak kenari yorkshire lokal.

Panduan saat ini bersumber dari pengalaman Cak Unang, peternak kenari yang tinggal di Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat. Telah lama lelaki ini menekuni dalam breeding kenari, dengan product anakan kenari F1, F2, serta yang saat ini tengah ngetren yaitu YS lokal.

Keinginan customer pada kenari YS lokal waktu ini memanglah tertinggi, melebihi kenari type F1, F2, serta AF. YS lokal yaitu arti untuk anakan kenari dari induk jantan serta betina yang keduanya sama YS impor.

Kenari YS lokal mempunyai darah 100% YS impor, karena ke-2 induknya juga adalah yorkshire impor. Cuma saja, ke-2 induk telah menyesuaikan dengan iklim Indonesia, serta anak-anaknya juga menetas di Indonesia.

1. Seleksi induk jantan serta betina

Untuk mengawali usaha penangkaran burung, diperlukan modal awal berbentuk calon induk jantan serta betina. Pasti ke-2 induk adalah YS impor, yang saat ini gampang didapati di galeri-galeri burung, terlebih di kota besar. Yakinkan Anda membelinya dari galeri/toko burung yang telah terpercaya, untuk beroleh induk yang berkwalitas.

Seleksi calon induk mesti menurut pertimbangan usia, keadaan kesehatan, dan tak mempunyai cacat badan.

Satu diantara langkah gampang mendeteksi keadaan kesehatan kenari yaitu aktif bergerak serta tak nyekukruk (lesu, ngantukan, bulu senantiasa mengembang).

kenari yorkshire

Ke-2 sayapnya juga senantiasa tutup rapat, dengan kata lain tak menggantung hingga ujungnya nyaris menyentuh tanah. Diluar itu, nafasnya tak terdengar nada seperti ngorok.

Spesial calon induk jantan, pastikan yang telah berusia minimum 1 th., lantaran mutu spermanya jauh semakin bagus dari pada burung muda. Diluar itu, yakinkan juga calon induk jantan telah rajin bunyi atau gacor.

 2. Sistem penjodohan

Supaya induk jantan serta induk betina ingin kawin, keduanya mesti dijodohkan dahulu lewat sistem inginalan. Langkahnya, masing-masing burung dimasukkan dalam sangkar terpisah, lalu ke-2 sangkar ditempatkan sama-sama berdekatan/ melekat.

Sangkar betina butuh dilengkapi wadah sarang. Beberapa bahan sarang (umpamanya serabut nanas) dimasukkan ke dalam wadah sarang, beberapa lagi disebarkan di basic sangkar. Ini untuk merangsang birahi burung betina, atau untuk mempercepat sistem perkawinan.

Jika kenari betina mulai rajin membereskan sarang, kerap memanggil burung jantan, serta sisi bawah duburnya atau vent (kloaka) tampak memerah serta penuh, itu tandanya siap dikawini.

Saat kenari betina telah birahi serta siap dikawini, burung jantan selekasnya dimasukkan ke sangkar betina untuk dikawinkan. Demikian dikumpulkan dalam sangkar, kenari jantan umumnya bakal selekasnya mengawini betinanya. Jika tak hari itu, minimum keesokan hari kenari jantan bakal mengawini kenari betina.

Agar ke-2 calon induk meraih keadaan birahi maksimal, pemberian pakan berprotein tinggi benar-benar dibutuhkan. Tak hanya pakan biji-bijian, burung bisa di beri extra fooding telur puyuh rebus serta sayuran (terlebih selada serta sawi) dengan cara teratur.
Sesudah 2 x kawin pada hari pertama, umpamanya pagi hari, kenari betina dapat dipindah atau dikembalikan ke kandang soliter yang umum dipakai sebelum saat sistem penjodohan. Kandang juga telah dilengkapi dengan wadah sarang diisi serabut nanas untuk media bertelur.

Sore hari, kenari betina kembali diangkat untuk dikawinkan dengan burung jantan sampai 2 x. Kemudian dikembalikan lagi ke kandang soliter. Hal semacam ini diulangi lagi pada hari selanjutnya, pagi serta sore hari.

Namun jika Anda mengaplikasikan penangkaran kenari jenis sangkar gantung, hal seperti itu tak perlu dikerjakan. Jadi, sesudah 2 x kawin, yang diangkat dari sangkar malah kenari jantan. Pola penyusunan saat perkawinan terus sama sesuai penjelasan diatas.

Cara perkawinan seperti ini umum dimaksud kawin-cabut, yang bagus diaplikasikan jika Anda mau mengawinkan kenari memakai system poligami. Tiap-tiap kenari jantan dapat mengawini tiga ekor induk betina dalam sangkar serta saat yang berlainan.