Sunday, October 27, 2013

Ikat Leher Suara Perkutut Merdu


Perkutut bertemura indah jadi idaman pemiliknya. Tetapi kerapkali waktu ia berbunyi terdengar nada noklak. Nada noklak yaitu nada pecah, bunyinya jadi klak. Untuk pehobi nada seperti itu jelas tak enak didengar lantaran yang diinginkan yaitu nada ujungnya berbunyi kung.

Banyak langkah dikerjakan pehobi agar nada noklak perkutut itu dapat diatasi. Satu diantaranya dengan mengikat leher burung. Hampir seluruh pemain perkutut sempat mempraktekkan cara tersebut. Manfaat ikat leher itu cuma menyempurnakan nada. Karena apabila perkutut aslinya memanglah tak mempunyai potensi nada bagus, agar diikat bagaimana juga akhirnya terus buruk. Pada usia 2, 5 bln. perkutut umumnya mulai bertemura hingga di waktu itu perkutut jempolan dapat diseleksi.

Sejatinya tak seluruh pehobi suka pada langkah ikat leher perkutut itu. Yang kontra mengatakan argumen mendengar nada perkutut seperti dengarkan seni nada. Jadi apabila diikat nada perkutut memanglah jadi indah namun tak alami. Walau sebenarnya seni nada perkutut itu mesti alami. Nah, lepas dari pro-kontra itu, pemakaian ikat leher pada perkutut telah umum dikerjakan. Juga di Thailand langkah yang dipopulerkan pehobi perkutut di Pulau Madura pada 1970-an itu itu telah digunakan dari akhir 1990-an.

Walau hanya sebatas mengikat, nyatanya perlu keahlian untuk dapat lakukan pengikatan. Salah mengikat berbuntut perkutut tak keluarkan nada. Kalaupu keluar suaranya tak meliuk-liuk, tertahan oleh ikatan. Pemasangan juga tak bisa terlampau longgar lantaran dapat bikin paruh burung masuk ke dalam ikatan serta burung tercekik. Nah, tali umumnya dipasang cocok seukuran badan burung. Tetapi, cara tersebut cukup berisiko karena tak ada ukuran pasti, seluruh tetap menggunakan metode kurang lebih.

Tali ikat yang digunakan umumnya nilon. Nilon diambil lantaran tidak tebal, halus dan tak gampang putus. Posisi ikatan mesti dekat kulit. Apabila terhambat bulu tak lagi bermanfaat. Nah lantaran cukup rumit banyak pehobi menentukan untuk memakai layanan pengikatan untuk menempatkan tali di leher sang perkutut. Tali itu umumnya dipasang dua hari sebelum saat lomba. Apabila sehari-hari tali itu mesti di buka supaya sang perkutut nyaman.