Sunday, October 27, 2013

Mengenal Burung Kacer


Burung Kacer adalah type burung yang mempunyai karakter temperamen tinggi pada burung apapun yang memasukin daerah atau lokasi kekuasanya. Karenya burung ini banyak penggemar burung yang memeliharanya untuk diikutkan dalam perlombaan dengan basic karakter bertarungnya atau sekedar hanya sebagai dengarkan untuk hiburan dirumah.

Beberapa jenis Burung Kacer

Burung kacer jawa mempunyai nama ilmiah Copsychus sechellarum sedang nama ilmiah dari kacer poci yakni Copsychus saularis.

Ada dua perbedaan yang mencolok dari keduanya, yakni cuma pada warna bulunya yakni hitam serta putih. Copsychus sechellarum atau kacer jawa berbulu hitam semua di bagian dada sampai dekat kloaka, sesaat Copsychus saularis ataui kacer poci warna hitam hanya sampai dada dan ke bawah hingga kloaka berwarna putih. Sesaat itu burung yang sangat sama dengan kacer poci atau kacer sumatra yakni kacer madagaskar (Copsychus albospecularis).

Seperti diterangkan di atas, kacer terdiri dari 3 species, yang pertama Copsychus saularis, ke-2 Copsychus sechellarum dan yang ketiga Copsychus albospecularis. Khusus untuk Copsychus saularis (Oriental Magpie Robin) ini terdiri dari 9 subspecies, yaitu :

Kacer Poci, (Sekoci atau Kacer Sumatra)
  • Saularis, Habitat Aslinya Ada Di Thailand, India, Nepal, Malaysia Serta Indonesia.
  • Andamanensis, Habitat Aslinya Ada Di Kep. Andaman.
  • Musicus, Habitat Aslinya Ada Di Peninsular, Malaysia, Thailand.
  • Prosthopellus, Habitat Aslinya Ada Di Hainan-China.
  • Erimelas Habitat Aslinya Ada Di India Ke Indochina.
  • Pluto Habitat Aslinya Ada Di Sabah-Malaysia Serta Borneo-Indonesia.
  • Ceylonensis Habitat Aslinya Ada Di India Serta Srilanka.
  • Adamsi Habitat Aslinya Ada Di Sabah-Malaysia Serta Borneo-Indonesia.
  • Mindanensis Habitat Aslinya Ada Di Mindanao-Philippines

Kacer sumatera atau kacer poci mempunyai warna hitam pada kepala, leher cuma hanya dada, punggung dan segi luar ekor. Tetapi ada warna putih di bagian dada, perut dan ekor segi dlm. Persebaran kacer sumatera dimulai dari China, lalu India, Nepal, Thailand, Indochina, Filipina, serta Malaysia dan Indonesia.

Kacer Hitam atau sering dimaksud dengan Kacer Jawa

Memiliki suara yang keras, nyaring dan pintar menirukan suara-suara di sekelilingnya. Penampilan sangatlah atraktif sambil buka ekor serta keluarkan nada kicauan yang sangatlah merdu. Burung ini benar-benar sukai dengan udara panas.

Kacer hitam (Copsychus sechellarum) atau juga di kenal dengan Seychelles Magpie Robin penyebarannya diawali dari Seychelles (Afrika), Jawa dan Kalimantan (Indonesia). Seluruh badan berwarna hitam, terkecuali pada sayap ada warna putih. Kekuatan untuk berkicau sangat baik dan pintar menirukan suara-suara di sekelilingnya. Penampilanya sangat atraktif sambil memainkan ekor. Volume suaranya tengah. Jenis ini juga sangat suka dengan udara panas.

Kacer madagaskar

Sesaat itu kacer madagaskar atau Madagascar Magpie Robin (Copsychus albospecularis) terdiri dari dari 3 subspecies, yakni pica, albospecularis serta juga inexpectatus. Seluruh subspecies Copsychus albospecularis ini menyebar di lokasi Madagascar Afrika.

Sisi pada leher sebelah atas, punggung dan ekor berwarna hitam kebiru-biruan. Kemampuan berkicaunya tidak kalah dari ke-2 sepupunya C. saularis dan C. sechellarum.

Tidak cuma dari ketiga species di atas, ada satu jenis kacer lagi yang beredar di grup usia pedagang dan yang mempunyai burung kacer, yaitu Kacer Blorok. Jenis ini menurut anggapan biasanya orang maupun peneliti yakni adalah hasil perkawinan silang yang berjalan di alam, pada Kacer Hitam Putih (C. saularis) dengan Kacer Hitam (C. sechellarum).