Sunday, October 27, 2013

Tips Memelihara Burung Perkutut


Burung perkutut, yang di kenal dengan nama latin Streptopelia turtur, terhitung ke dalam famili Columbidae, sama juga dengan burung merpati. Perkutut yaitu burung yang datang dari Afrika, Asia, serta Eropa. Kebiaasaan migrasi perkutut jadikan burung ini ada dengan cara luas di beragam area didunia, tetapi tak didapati pada area yang beriklim ektstrim. Populasi perkutut di Eropa alami penurunan disebabkan pergantian metode pertanian serta perburuan oleh manusia, terlebih sepanjang migrasi perkutut. Perbedaan burung perkutut dengan burung merpati yaitu ukurannya, badan burung perkutut memiliki ukuran lebih kecil yaitu lebih kurang 24-29 cm panjangnya, 47-55 cm lebarnya, serta beratnya 85-170 gram saja.

Saat berbiak burung perkutut yaitu dari bln. Mei sampai Juli. Burung jantannya umumnya bakal menarik perhatian perkutut betina dengan gerak geriknya serta juga dengan suaranya yang khas berulang-ulang. Sepasang perkutut bisa membuahkan sebagian butir telur sepanjang musim kawin serta dierami sepanjang 14 hari. Sesudah menetas, sepasang perkutut itu berbarengan menjaga anaknya.

Pelihara burung perkutut yang benar bakal memaksimalkan saat hidupnya, yang rentangnya yaitu 10-12 th.. Sangkar burung perkutut yang baik yaitu yang mempunyai jeruji cocok hingga kepala perkutut tak tersangkut, dianjurkan untuk beli sangkar yang jerujinya banyak serta rapat. Basic sangkar perkutut baiknya di beri alas dengan kertas untuk pengaman, terlebih apabila basic sangkar terbuat dari kawat. Hal semacam ini untuk berikan kenyamanan untuk burung perkutut, oleh lantaran perkutut bakal menggunakan beberapa besar waktunya di basic sangkar, seperti dengan kebiasaannya di alam.

Pakan perkutut yang baik yaitu pakan yang seimbang gizinya. Beragam type pakan perkutut ada di toko burung, sebagian produknya juga mencantumkan kandungan gizi pada kemasannya. Sesekali perkutut bisa diberikan vitamin untuk suplemen makanan, tetapi mesti di perhatikan langkah pemberiannya supaya perkutut tak tersedak. Tablet atau kapsul vitamin yang menyangkut di tenggorokan perkutut bisa beresiko serta mengakibatkan kematian perkutut. Untuk menghindar supaya perkutut tak tersedak, maka gerus dulu tabletnya sebelum saat diberikan ke perkutut. Untuk kapsul, buka dahulu cangkangnya. lalu berisi digabungkan ke dalam air minum perkutut.

Bersihkan wadah pakan serta area minumnya dengan cara teratur, apabila dibutuhkan satu minggu sekali kandangnya bisa didisinfeksi untuk menghindar penyakit. Mandikan perkutut dengan cara teratur satu minggu sekali. Stres pada perkutut bisa dihindari lewat cara letakkan sangkar perkutut ditempat yang tenang serta terbuka sesekali, janganlah menyimpan sangkar perkutut didalam tempat tinggal terus-terusan. Hal semacam ini mutlak dikerjakan, lantaran stres pada perkutut dapat juga mengakibatkan sakit.