Tuesday, October 29, 2013

Tips Agar Burung Cendet Rajin Ngoceh

Panduan Burung Cendet Rajin Ngoceh (ocehankenari) - Cendet atau toet atau dapat juga di sebut burung punai atau burung predator amat beragam macam saat memilih rawatannya.

Langkah menjaga burung cendet supaya rajin berkicau beragam macam, menurut kepercayaan serta keyakinan tiap-tiap pehobies burung berkicau.


Cendet yaitu burung sawah yang bisa menirukan nada burung type lain, dikarenakan itu pentet ini dapat dijuluki burung predator atau burung sawah yang amat cerdas, aslinya nada burung ini kurang enak bila di dengar, namun bila burung ini telah atau dimaster dengan burung-burung berkwalitas maka burung pentet ini dapat makin enak di dengar serta pintar membawakan lagu kicauan yang berkelas juga.

Memaster burung cendet / pentet atau toet ini yang amat pas yaitu cucak jenggot, cililin, lovebird, ciblek, kenari, gereja tarung atau jalak suren, jangkrik serta belalang, bila burung pentet ini telah pintar menirukan burung master tersebut tidak heran burung pentet ini memiliki harga yang amat fantastis.

Di bawah ini ada sebagian panduan atau trick sederhana supaya burung pentet atau cendet atau toet rajin berkicau serta pintar menirukan nada burung type yang lain.

Pada pagi hari jam 07. 00 burung diangin-anginkan di teras. jam 07. 30 burung dimandikan ( karamba mandi atau semprot, bergantung pada rutinitas tiap-tiap burung ).

Bersihkan kandang harian. ubah atau imbuhkan voer serta air minum.

Berikanlah jangkrik 4 ekor pada cepuk ef. janganlah dulu berikan jangkrik dengan segera pada burung.

Penjemuran bisa dikerjakan sepanjang 1-2 jam/hari mulai jam 08. 00-11. 00. sepanjang penjemuran, baiknya burung tidak lihat burung sejenis.

Sesudah dijemur, angin-anginkan kembali burung tersebut diteras sepanjang 10 menit, lantas sangkar dikerodong.

Siang hari hingga sore ( jam 10. 00-15. 00 ) burung bisa di master dengan nada master atau burung-burung master.

Jam 15. 30 burung diangin-anginkan kembali diteras, bisa dimandikan apabila butuh.

Berikanlah jangkrik 2 ekor pada cepuk ef.

Jam 18. 00 burung kembali dikerodong serta di perdengarkan nada master sepanjang masa istirahat hingga pagi harinya.

Tips :

1. Kroto fresh diberikan 1 sendok makan optimal 2x 1 minggu.

2. Pemberian cacing diberikan 1 ekor 2x 1 minggu.

3. Berikanlah multivitamin yang digabung pada air minum 1 minggu sekali saja.