Saturday, December 28, 2013

Cara Membersihkan Sisik Burung Kicauan


Sangat perlu sahabat burung kenali bawah bersihkan sisik tidak tipis pada kaki burung kicauan benar-benar memiliki resiko, ditambah lagi pada burung yang sudah mapan/jadi. Dengan dicabutnya sisik kaki burung itu bisa mengakibatkan persoalan baru pada burung yaitu stress dan kemurungan atau terlebih bisa buat burung jinak jadi giras. Tetapi bagaimana apabila burung terebut memiliki ring dikakinya dan apabila didiamkan maka kehadiran ring itu malah bisa buat sakit si burung, langkah paling baik yakni melepas ring itu bagaimanapun langkahnya, bisa dengan jalur memotong ringnya atau menggergaji ring di kaki siburung hingga terlepas, dan ada juga langkah yang ekstrem yaitu bersihkan sisik pada kaki burungnya dan dibawah ini yakni beberapa cara bersihkan sisik pada kaki burung yang kebetulan kami dapatkan dari bermacam sumber media on-line yang mungkin terhitung langkah benar-benar aman. 
  • Bersihkan sisik tidak tipis pada kaki burung dengan air hangat. 
  • Pegang burung dengan tangan hingga si burung jadi nyaman dan dengan posisi kaki burung ada diatas. 
  • Basahi kakinya dengan air hangat atau bisa pula dengan yang sudah dikombinasi dengan garam seperlunya lalu perlahan-lahan kupas sisik satu persatu hingga mengelupas sambil selalu dibasahi dengan air hangat atau yang sudah dikombinasi dengan garam tadi. 
  • Setelah itu masukan burung kedalam karamba mandinya. 
  • Setelah system itu biasanya burung bisa di dalam kondisi stress dan tak berbunyi selama beberapa hari, oleh oleh karenanya burung harusnya selekasnya disendirikan dengan pemberian EF yang full terus-terusan hingga kondisi burung balik lagi ke normal (rajin bunyi). 
  • Tidak cuma dengan air hangat, air garam hangat bisa pula menggunakan minyak tawon yang dioleskan ke sisik kaki dari si burung itu, biasanya dalam berapakah hari sisik itu bisa mengelupas dengan sendirinya serta performa burung kicauan juga bakal tampak prima.