Tuesday, December 3, 2013

Penyebaran Burung Kacer


Kacer (Magpie Robin), dari genus Copsychus, yaitu dari keluarga burung pengicau atau burung kicau, yang benar-benar disukai beberapa pengagum burung nyaris di semua lokasi Asia, dimulai dari India, China, serta semua lokasi Asia Tenggara terhitung di Indonesia. Burung Kacer mempunyai kekuatan berkicau yang benar-benar mengagumkan, hingga dengan kemampuannya itu, burung Kacer jadi incaran beberapa pengagum burung. Mengakibatkan populasi burung Kacer di alam juga makin alami penurunan, hingga di khawatirkan satu waktu burung ini bakal punah, seperti sebagian species burung lain yang sudah punah.

Kacer sendiri mempunyai kerabat lain dalam genus Copsychus, seperti Copsychus malabaricus yang lebih di kenal dengan sebutan Murai Batu, juga tetap berkerabat dengan type Punglor. Burung Kacer yang ada dalam genus Copsychus mempunyai 3 species, yakni :
  • Copsychus saularis
  • Copsychus sechellarum
  • Copsychus albospecularis
Tanda-tanda serta Penyebaran :

1. Copsychus saularis, (Oriental Magpie Robin)
 
Terbagi dalam 9 subspecies, yakni :
1. 1. saularis, (Thailand, India, Nepal, Malaysia, Indonesia)
1. 2. andamanensis, (Kep. Andaman)
1. 3. musicus, (Peninsular, Malaysia, Thailand)
1. 4. prosthopellus, (Hainan-China)
1. 5. erimelas (India ke Indochina),
1. 6. pluto (Sabah-Malaysia, Borneo-Indonesia),
1. 7. ceylonensis (India, Srilanka),
1. 8. adamsi (Sabah-Malaysia, Borneo-Indonesia),
1. 9. mindanensis (Mindanao-Philippines)

Di Indonesia lebih di kenal dengan sebutan Kacer Hitam Putih, Kacer Sumatera serta Kacer Poci.
Memiliki warna hitam pada kepala, leher hanya dada, punggung serta sisi luar ekor. Sedang warna putih ada pada dada, perut serta ekor sisi dalam.

Penyebaran mulai China, India, Nepal, Thailand, Indochina, Philippines, Malaysia serta Indonesia.
Mempunyai nada yang keras, nyaring serta pandai menirukan suara2 di sekitarnya. Tampilan benar-benar atraktif sembari buka ekor dan keluarkan nada kicauan yang merdu.
Benar-benar suka pada hawa panas.


2. Copsychus sechellarum, (Seychelles Magpie Robin)
Penyebaran di Seychelles (Afrika), Jawa Timur serta Kalimantan (Indonesia). Semua badan berwarna hitam, terkecuali pada sayap ada warna putih. Kekuatan berkicau benar-benar baik serta pandai menirukan suara-suara yang ada di sekitarnya. Tampilan burung dari species Copsychus sechellarum ini benar-benar atraktif, lantaran pada waktu berkicau burung ini sembari memainkan ekor, hingga tampak benar-benar menarik serta indah. Cuma saja burung Kacer dari type ini umumnya mempunyai volume tak sekeras ke-2 sepupunya. Burung ini dapat benar-benar sukai dengan hawa panas, hingga tahan berjemur dibawah cahaya matahari berlama-lama.


3. Copsychus albospecularis, (Madagascar Magpie Robin)
. Terbagi dalam 3 subspecies :
3. 1. pica
3. 2. albospecularis
3. 3. inexpectatus
Semua subspecies Copsychus albospecularis ini menyebar di lokasi Madagascar Afrika.

Sisi leher samping atas, punggung serta ekor berwarna hitam kebiru-biruan. Kekuatan berkicaunya tak kalah dari ke-2 sepupunya C. saularis serta C. sechellarum.
.
Tak hanya dari ketiga species diatas, ada satu type kacer lagi yang beredar di kelompok pedagang serta yang memiliki burung kacer, yakni Kacer Blorok. Type ini menurut asumsi umumnya orang ataupun peneliti yaitu adalah hasil perkawinan silang yang berlangsung di alam, pada Kacer Hitam Putih (C. saularis) dengan Kacer Hitam (C. sechellarum).