Saturday, December 28, 2013

Tips Memilih dan Menentukan Burung Cendet


Untuk menjaga burung cendet tidaklah hal yang susah. Dalam hal yang satu ini saya bakal memberitahu langkah untuk menentukan burung cendet yang bagus dari wujud badannya. 

Langkah Membedakan Burung Cendet Betina serta Cendet Jantan 

Burung cendet betina mempunyai tanda-tanda yakni bunyi (kicau) tak keras dengan kata lain volume tidak tebal, mempunyai corak warna hitam di atas kepalanya tetapi sedikit cuma hingga dibagian atas hidung 

Sedang untuk cendet jantan mempunyai tanda-tanda fisik yakni susunan kepala lebih menonjol, warna hitam dibagian atas kepala semakin banyak. 

Langkah Menentukan dan Memilih Burung Cendet 
  1. Tubuh burung tegak. 
  2. Mata burung melotot atau menonjol keluar. 
  3. Paruh tak tidak tebal dan runcing. 
  4. Jika anda mencari cendet yang sudah berumur mencari yang kakinya medang. Jika mencari yang terus mudanya mencari saja yang belum medang. Tetapi jika anda ingin mempunyai burung yang sudah siap untuk tarung. 
  5. Kepala yang berstruktur kotak, bulu hitam pada kepala hingga pada kepala belakang. 
Itu tadi yakni langkah memastikan burung cendet yang bagus dengan tengok bentuk badan burung. Karena memanglah jika burung cendet memilki bentuk badan seperti yang tersebut di atas bisa tampak gagah. Tetapi jika anda ingin memiliki burung yang bertemura bagus, keras suaranya, petarung dan menghadirkan style yang bagus saat berbunyi tak bisa hanya andalkan bentuk badan burung yang bagus. Semuanya itu yakni kemampuan dari burung itu sendiri atau karena burung dilatih, namun biasanya pelatihan burung memerlukan saat yang cukup lama dan tidak sering berhasil. Namun waktu ini saya tak menerangkan pelatihan burung tetapi langkah menjaga dan memaksimalkan kemampuan burung yang sudah mempunyai kemampuan tetapi kurang optimal kerjanya. 


Langkah Menjaga Dan Memaksimalkan Kemampuan Burung Cendet 
  1. Dalam tentang ini selekasnya saja saya terangkan, untuk pemberian makan atau xtra fooding (burung harus sudah bunyi) : 
  2. Jangkrik : menaikkan birahi burung, untuk komposisinya biasanya 5xsehari. 
  3. Kroto : untuk menghangatkan dan menaikkan kemampuan burung ini harus diberikan. 
  4. Ulat hongkong : faedahnya sama saja dengan kroto 
  5. Ulat kandang : uler yang satu ini sangat menyehatkan 
  6. Beberapa makanan yang ada diatas kadang-kadang tak disenangi oleh cendet bisa lantaran dari kecil tak dahulu di beri hewan-hewanan. Nah untuk persiapan lomba atau perform yang sangat bagus tak bisa hanya dengan makanan itu saja ada perawatan khusus nya, salah satunya : 
  7. Penjemuran : jemur burung masing-masing jam 7 pagi s/d 11 siang apabila tak kuat jangan sampai di paksa, tetapi harus dilatih dengan bertahap. 
  8. Mandi : untuk mandi burung tidak butuh masing-masing hari. Pemandian burung ditangani saat pagi sebelum akan di jemur atau sore hari. 
  9. Serodong : serodong burung saat sore atau malam hingga pagi. Apabila untuk lomba serodong burung 1 hari penuh, dalam 5 hari sebelum akan lomba tidak butuh dijemur. 

Menjaga Cendet Saat Saat Ngurak 

Ngurak atau mabung satu system dimana burung dalam system pergantian bulu karena bulu sudah tua. Biasanya ngurak inilah yang digunakan untuk patokan burung sudah siap dilombakan atau tak, biasanya 3-4 kali ngurak. Cendet saat ngurak atau mabung dimana cendet dalam keadaan tak stabil. Terutama apabila dalam pergantian cuaca keadaan badan tengah tak stabil bisa buat burung sakit. 
Begini langkah merawatnya : 
  1. Jangan sampai dahulu berikanlah makan atau xtra fooding hingga telat. 
  2. Beri makanan atau xtra fooding makin banyak dari biasanya. Perumpamaan : biasanya di beri jangkrik 4 ekor, beri 7 ekor. 
  3. Beri jemuran, kurang lebih 30 menit, pada jam 07 : 30-08 : 00. 
  4. Setelah itu angin-angin kan dan serodong. 
  5. Mandikan burung 2-3 hari sekali saja. 
  6. System seperti itu senantiasa jalan s/d saat tumbuh bulu baru.