Tuesday, December 3, 2013

Burung Madu Kelapa


Burung Madu Kelapa atau burung yang memiliki nama latin Anthreptes malacensis ini mempunyai warna bulu yang nyaris sama juga dengan burung kolibri ini mempunyai panjang dan ukuran badan yang relatif lebih panjang serta semakin besar dari pada kolibri.

Burung yang mempunyai panjang seputar 15cm ini adalah 1 type dengan burung kolibri, namun burung ini menghisap sari buah kelapa, serta tidak kerap juga mengonsumsi serangga kecil. Burung ini kerap hinggap di tangkai pohon yang rendah serta bersarang diatas ketinggian kian lebih 3 mtr..

Ciri - ciri burung ini yaitu mempunyai paruh yang runcing serta panjang yang berwarna hitam, ini utama lantaran burung ini beroleh makanannya dengan menghisap sari - sari makanan daroi pohon kelapa. Warna bulu burung ini jugab bermacam. Sekurang-kurangnya ada 5 type warna yang ada pada bulu burung ini.

Di bagian kepala sampai punggung ada warna hijau zamrud (ekor juga, namun sedikit). Terdaapat bulu berwarna kuning yang menguasai perut burung type ini. Pada sayap ada warna kuning keemasan yang diselingi dengan sedikit warna biru tosca untuk bulu yang berperan menaikkan kecantikan type burung ini.

Burung ini dapat mengibaskan sayapnya kian lebih 100kali perdetik saat tengah menghisap sari - sari bunga pohon kelapa. Burung ini bertelur tiap-tiap 23 - 31 hari sekali, serta umumnya bertelur pada 3 hinnga 4 butir pada sarang kecilnya.